bdadinfo.com

PLN Mandau Cipta Tenaga Nusantara Bersama PLN UID S2JB Resmi Suplai Listrik untuk PT Medco E&P Lematang - News

PLN Mandau Cipta Tenaga Nusantara Bersama PLN UID S2JB Resmi Suplai Listrik untuk PT Medco E&P Lematang (images.app.goo.gl)

 -  Sebuah acara penting dalam dunia energi terjadi saat PLN Mandau Cipta Tenaga Nusantara (MCTN) bersama dengan PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UID S2JB) secara resmi memberikan suplai pasokan listrik kepada PT Medco E&P Lematang pada hari Kamis, 16 Mei 2024, di Arista Hotel Palembang.

Proyek ini, dengan kapasitas 4330 MVA, menggunakan layanan Fasilitas Ekstra (FASTRA) yang dikenal memiliki tingkat efisiensi dan standar keamanan tinggi, bertujuan untuk mencapai Zero Accident.
Acara tersebut turut dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Rahmi Handayani, VP Penjualan Direktorat Niaga PLN Persero; Junaidi Abdi, Direktur PLN MCTN; Adhi Herlambang, General Manager PLN UID S2JB; serta Irfan Eka Wardhana, General Manager SSR PT Medco. 

Kehadiran mereka memperkuat komitmen kolaboratif dalam menyediakan solusi energi yang berkelanjutan dan aman bagi industri energi di Indonesia.

Baca Juga: PLN Membangun Akes Listrik ke Dusun Terpencil di Riau, Kini Anak-anak di Inhil Bisa Mengaji di Malam Hari

Kolaborasi ini bukanlah hal baru, karena sebelumnya pada 20 September 2023, kontrak kerjasama antara PLN UID S2JB, PT Medco & EP Lematang, dan PLN MCTN sudah ditandatangani di Bali. 

Proses ini mencapai puncaknya pada tanggal 29 April 2024 dengan ditandainya Commercial Operation Date (COD), yang menandakan dimulainya operasional penuh dari proyek ini.

Menurut Irfan Eka Wardhana, GM SSR PT Medco, penggunaan listrik dari PLN ini tidak hanya mendukung operasional perusahaan secara efisien namun juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan.

Baca Juga: Aksi Nyata Peduli Lingkungan, Mitra Binaan PLN Transformasi Sampah Kota Padang

"Medco E&P Lematang berhasil mengurangi emisi gas rumah kaca sekitar 14.658 ton CO2e per tahun melalui penggunaan layanan listrik ini, yang merupakan bagian dari komitmen kami untuk bisnis yang bertanggung jawab dan keberlanjutan lingkungan," ujarnya.

Direktur Utama PLN MCTN, Junaidi Abdi, menambahkan bahwa kerjasama ini juga memungkinkan PLN untuk mengalirkan kelebihan energi listrik kepada PT Medco, mendukung visi untuk menjadi penyedia energi terdepan dan terpercaya di Indonesia. 

"Selain menurunkan biaya operasional, Medco juga dapat membeli sertifikat energi terbarukan untuk mengurangi jejak karbon produksinya," katanya.

PLN MCTN, sebagai anak perusahaan PLN, melalui proyek ini berhasil menunjukkan kemampuannya dalam menyediakan layanan listrik dengan cepat dan efisien, sesuai dengan komitmen untuk meningkatkan infrastruktur ketenagalistrikan di Indonesia, terutama dalam sektor minyak dan gas serta industri turunannya.

Hal ini dilakukan agar kolaborasi yang terjalin antara PLN, Medco, dan PLN MCTN akan semakin menguatkan sinergi di antara mereka, membawa manfaat yang besar bagi semua pihak yang terlibat. 

Ke depannya, kerjasama ini tidak hanya akan meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan berkelanjutan di Indonesia. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat