bdadinfo.com

Perbandingan Mendalam: Google Pixel 7 Pro Vs Oppo Find X6 Pro, Duel Smartphone Unggulan - News

 

- Google Pixel 7 Pro dan Oppo Find X6 Pro merupakan dua dari banyak smartphone andalan yang mendominasi pasar saat ini.

Masing-masing menawarkan sesuatu yang unik dan menonjol dalam segi software dan hardware.

Google Pixel 7 Pro, dengan harga yang bersaing di pasaran sekitar Rp14 jutaan, dikenal sebagai salah satu produk unggulan terbaik.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 224 225 226 227 Uji Kompetensi: Cahaya dan Alat Optik

Desain unik dan sistem kamera superior menjadikannya pilihan utama bagi konsumen di Amerika Utara.

Dibandingkan dengan Galaxy S23 Ultra yang harganya lebih mahal dan OnePlus 11 yang kekurangan fitur pengisian daya nirkabel dan lensa zoom yang baik, Google Pixel 7 Pro unggul.

Namun di Asia, kompetisi di pasar smartphone Android jauh lebih kompetitif, terutama dengan kehadiran ponsel China seperti Oppo Find X6 Pro yang memdorong batas kemampuan hardware.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Virgo, Gemini, dan Pisces Hari Ini Sabtu, 3 Juni 2023: Selamat atas Karir Baru Kalian!

Dengan chip Qualcomm terbaru, layar terang, dan sistem tiga kamera dengan sensor berukuran besar, Find X6 Pro menentang dominasi Pixel 7 Pro.

Meski Oppo Find X6 Pro hanya tersedia secara resmi di China, kedua smartphone ini mempunyai ukuran, dimensi, bobot, bentuk, dan kelengkungan yang sangat mirip.

Google Pixel 7 Pro menawarkan bagian belakang dengan kaca matte yang hangat saat disentuh, sedangkan Find X6 Pro menawarkan tekstur yang lebih banyak dengan kombinasi logam dan kulit imitasi.

Baca Juga: Wow! Saudi Arabia Melakukan Investasi Luar Angkasa untuk Masa Depan

Pada bagian layar, Oppo menawarkan layar 6,8 inci yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan panel Pixel 7 Pro 6,7 inci.

Meskipun memiliki resolusi dan kerapatan piksel yang sangat mirip, layar Find X6 Pro mampu mencapai kecerahan maksimum hingga 2.500 nits, sementara Pixel 7 Pro hanya mencapai 1.500 nits.

Di bawah layar, kedua ponsel ini dilengkapi dengan pemindai sidik jari dalam layar dan memiliki rating tahan air dan debu IP68 yang sama.

Baca Juga: Preview dan Prediksi Skor Celta Vigo vs Barcelona, Upaya Celestes Raih Poin Di Kandang

Pixel 7 Pro menggunakan chip Tensor G2 buatan Google sendiri, sementara Oppo Find X6 Pro didukung oleh Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang jelas lebih unggul dalam sebagian besar tugas.

Dalam hal baterai, kedua ponsel menawarkan kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 5.000 mAh.

Namun, Find X6 Pro mengisi daya secara signifikan lebih cepat, hingga kabel 100W dan nirkabel 50W, dibandingkan dengan pengisian daya Pixel 7 Pro yang hanya 23W baik melalui kabel atau nirkabel.

Baca Juga: Partai NasDem 'Damprat' Mahfud MD, Imbas Ingatkan Anies Baswedan Dijegal Internal Koalisi Sendiri: Fokus Saja!

Dari segi kamera, Pixel 7 Pro menggunakan sensor 50MP, f/1.8 ISOCELL GN1 dari Samsung, sedangkan Oppo Find X6 Pro menggunakan sensor Sony IMX989 1 inci.

Secara umum, hardware kamera Oppo tampaknya lebih unggul.

Namun, jika membicarakan soal kemampuan kamera, kedua ponsel ini berbeda jauh.

Seperti yang sudah disebutkan, perangkat keras kamera Oppo Find X6 Pro jauh lebih unggul.

Baca Juga: Preview dan Prediksi Skor Real Madrid vs Athletic Club, Misi Tiga Poin Los Blancos Di Laga Pamungkas

Dengan sensor berukuran besar, setiap lensa dapat menangkap lebih banyak cahaya dan informasi visual, menghasilkan foto dengan detail yang lebih baik dan jangkauan dinamis yang lebih luas.

Kamera utama 50MP di Find X6 Pro, menggunakan sensor Sony IMX989 1 inci, bersama dengan lensa zoom ultra-wide dan Periscope yang menggunakan sensor Sony IMX890 50MP yang sama.

Ini memberikan peningkatan yang signifikan dalam kualitas gambar dibandingkan dengan kamera Pixel 7 Pro, yang menggunakan sensor 50MP, f/1.8 ISOCELL GN1 dari Samsung, dibantu oleh kamera 12MP ultra-wide dan 48MP Periscope yang mampu menghasilkan 5X optical zoom.

Baca Juga: Preview dan Prediksi Skor Villareal vs Atletico Madrid, Upaya Rojiblancos Jadi Runner Up LaLiga

Tetapi, Google telah lama dikenal karena kekuatan perangkat lunak kamera yang luar biasa, menggunakan banyak algoritma untuk melampaui batasan perangkat keras.

Jadi, meskipun perangkat keras kamera Pixel 7 Pro mungkin tidak sebanding dengan Oppo, perangkat lunaknya membantu menghasilkan gambar yang luar biasa dan melampaui batasan perangkat keras.

Terakhir, perlu diperhatikan bahwa kedua ponsel ini berjalan di Android 13, tetapi versi Pixel jelas merupakan versi Android resmi.

Baca Juga: Tragis Seribuan Orang jadi Korban Tabrakan Kereta Api Penumpang di India, Terparah Satu Dekade Belakangan

Walaupun tidak ada masalah dengan perangkat lunak ColorOS Oppo, Pixel mendapatkan skor lebih tinggi dalam kategori perangkat lunak.

Hal ini disebabkan karena Google memastikan ponselnya mendapatkan pembaruan Android lebih cepat dan lebih lama.

Secara umum, baik Google Pixel 7 Pro dan Oppo Find X6 Pro memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca Juga: Tiongkok Mengkritik Keras Rencana AS untuk Lakukan Perjanjian Perdagangan dengan Taiwan

Google Pixel 7 Pro unggul dalam perangkat lunak, terutama dalam kinerja kamera dan update perangkat lunak yang lebih cepat.

Sementara itu, Oppo Find X6 Pro mengungguli dalam perangkat keras, terutama dalam kualitas kamera dan performa prosesor.

Meski demikian, kedua ponsel ini adalah dua dari beberapa ponsel terbaik di dunia saat ini, memberikan performa yang luar biasa dan memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat