bdadinfo.com

Yuk Mari Masak Bubur Suro, Menu Sarapan Pagi Khas Jawa yang Terkenal dari Warisan Sunan Bonang - News

Bubur suro (Foto: surabaya_hotel_school)



- Sunan Bonang, sebagai salah satu anggota "Wali Songo", atau masyarakat lokal menyebutnya sembilan Wali yang dekat dengan Allah SWT dari Pulau Jawa.

Sebagai bagian dari anggota yang menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa, Sunan Bonan tidak hanya meninggalkan warisan berupa pemahaman Agama Islam melainkan juga makanan.

Makanan yang dimaksud, mungkin jarang terdengar bagi kalangan generasi muda saat ini, tetapi makanan ini sudah lama terkenal, dan masih tetap dipertahankan hingga saat ini.

Namannya adalah Bubur Suro, sebagai makanan yang terkenal di Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang tidak hanya memiliki cita rasa yang enak, tetapi juga memiliki nilai sejarah yang penting.

Baca Juga: Bosan dengan Menu Olahan Daging Sapi yang Itu-itu Saja? Ini Dia Resep Empal Serundeng Kemiri yang Wajib Kamu Recook


Bubur Suro, menjadi santapan yang paling cocok disantap pada saat menikmati sarapan pagi, terutama bagi yang ingin merayakan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah.

Makanan ini, memang tidak jauh berbeda dibanding membuat Bubur Ayam pada umumnya, tetapi proses pembuatan Bubur ternama tersebut, mirip dengan membuat bubur ayam.

Bubur suro memiliki cita rasa yang gurih karena memakai santan, Warna kuning melambangkan rasa syukur akan tahun baru, dan Pelengkapnya berupa topping aneka lauk.

Baca Juga: Resep Jus untuk Fungsi Detoksifikasi Tubuh, Jadikan Tubuh Anda Lebih Sehat Mulai Sekarang!

Seperti dadar telur, sambal goreng kentang, kering tempe, perkedel dan opor ayam, sehingga menjadi makanan yang patut dicoba, dan bisa dinikmati saat Tahun Baru Islam.

Inilah bahan-bahan, yang diperlukan untuk membuat Bubur Suro, makanan yang paling terkenal di Zaman Sunan Bonang.

- 250 gram beras pulen.
- 1.5 liter air.
- 1 lembar daun pandan diikat.
- 2 lembar daun salam.
- 2 lembar daun jeruk.
- 2 sendok garam.
- 3 centimeter kunyit yang sudah diparut halus.
- 500 mililiter santan dengan ukuran sedang.

Pelengkap :
- Perkedel kentang.
- Tempe Kering.
- Telur dadar.
- Ayam suwir.

Cara Membuatnya :

1. Cuci beras sampai bersih, lalu Rebus beras yang sudah dicuci dengan menggunakan penanak nasi sampai mendidih, dan Kecilkan api.
2. Setelah api kecil, masukkan daun salam, garam, santan, dan serai. Aduk hingga rata, dan masak beras bersama campuran bumbu lainnya sampai menjadi bubur, lalu Sisihkan.
3. Susun lauk pelengkap seperti telur dadar, kering tempe, kacang tanah goreng, bihun goreng, bawang goreng atau perkedel di atas bubur.
4. Sajikan bubur selagi hangat, dan tambahkan taburan bawang goreng serta kerupuk bawang supaya lebih gurih.

Itulah proses membuat Bubur Suro, bubur khas Jawa Tengah dan Jawa Timur, memiliki perpaduan unik, yang mirip dengan membuat Nasi Kuning pada perayaan Ulang Tahun.

Tetapi yang patut diingat, Bubur Suro tidak hanya sekedar makanan yang paling banyak dinikmati saat sarapan, tetapi juga memiliki nilai sejarah dalam budaya Islam di Jawa. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat