bdadinfo.com

BPJS Kesehatan Cabang Padang Adakan Workshop untuk Petugas PPIP RS dan PIC JKN RS - News

BPJS Kesehatan Cabang Padang Adakan Workshop untuk Petugas PPIP RS dan PIC JKN RS

- Dalam rangka meningkatkan pemberian informasi dan penanganan pengaduan di Rumah Sakit kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan Cabang Padang melakukan Pertemuan Workshop Handling Complain serta Monitoring dan Evaluasi Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan Peserta (PIPP) di Rumah Sakit.

Baca Juga: Persiapkan Diri Jelang Penilaian KKS 2025, Kota Padang Targetkan Raih Swasti Saba Wistara

Kegiatan yang dihadiri oleh petugas PIPP Rumah Sakit dan Person in Charge (PIC) JKN Rumah Sakit yang berada wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Padang.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang mengatakan pertemuan ini untuk peningkatan mutu Pelayanan, salah satunya perekaman keluhan peserta yang di input oleh petugas PIPP ke aplikasi Saluran Informasi Penanganan Pengaduan (SIPP).

Selain itu meningkatkan sinergi antar instansi, sarana evaluasi pelaksanaan Program JKN, termasuk penyelesaian terhadap kendala-kendala yang terjadi di lapangan dan hal lainnya untuk dibahas dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan.

Baca Juga: Tahapan Pilwako Padang 2024 Resmi Diluncurkan, Andree Algamar: Mari Kita Ciptakan Pilkada yang Berkualitas!

Evaluasi yang dilakukan meliputi sistem antrean online, capaian rekrutmen Program Rujuk Balik (PRB), kecepatan dan ketepatan pengajuan klaim rumah sakit, penanganan keluhan Peserta JKN, monitoring dan evaluasi pelayanan di Fasilitas Kesehatan Rawat Tingkat Lanjut (FKRTL).

“Petugas PIPP di Rumah Sakit bertujuan untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan informasi mengenai penyelenggaraan jaminan kesehatan secara menyeluruh menyangkut hak dan kewajiban peserta/fasilitas kesehatan (faskes)/BPJS Kesehatan serta mekanisme pelayanan di faskes dan BPJS Kesehatan. Selain itu peserta juga bisa mengadukan ketidakpuasan terhadap Pelayanan jaminan kesehatan yang diterimanya. Untuk memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS, petugas PIPP juga didukung aplikasi SIPP. Yang didalamnya terdapat fitur dashboard, input pengaduan, pendaftaran bayi baru lahir, dan denda Pelayanan,” ujar Fauzi.

Lebih lanjut, Fauzi menyampaikan bahwa upaya peningkatan fungsi pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta terus diupayakan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, dan menjaga kepuasan peserta JKN.

Transformasi mutu layanan mutlak dilakukan agar Peserta JKN mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat dan setara.

Kami sangat apresiasi kepada Rumah Sakit yang telah berkomitmen menindaklanjuti seitan keluhan dan pengaduan peserta JKN, dimana butuh komunikasi yang baik untuk menyampaikan dan menguraikan permasalahan yang terjadi di lapangan.

“Kondisi peserta yang dalam posisi sakit tentunya memerlukan penanganan pelayanan yang baik serta sigap sehingga proses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tidak terganggu dengan proses administrasi. Hal tersebut diharapkan dapat dilaksanakan dengan kerja sama yang lebih baik lagi dan saling mendukung dengan rumah sakit. Pentingnya peran petugas PIPP sebagai pemberi informasi dan penanganan pengaduan menjadi perlu kita bekali dengan ilmu dari profesional yang sudah berpengalaman dalam dunia pelayanan terhadap pelanggan. Oleh karena itu hari ini BPJS Kesehatan mengadakan workshop pelayanan prima guna meningkatkan kualitasnya saat melayani peserta. Serta kami memberikan reward kepada Ruma Sakit Kesehatan Mata (RSKM) Padang Eye Center, Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Rahmah dan Rumah Sakit Yos Sudarso Padang sebagai 3 rumah sakit yang penyelenggaraan penanganan pengaduan yang terbaik pada tahun ini berdasarkan saluran data dari aplikasi kami yaitu aplikasi SIPP BPJS Kesehatan. Diharapkan pemberian reward ini menjadikan stimulus kepada rumah sakit lainnya dalam peningkatan pengelolaan penanganan pengaduan peserta,” Ujar Fauzi.

Sementara itu petugas PIPP Rumah Sakit Hermina Padang, Nikita Maarta menyampaikan ucapan terima kasih dan masukan untuk selalu mengutamakan kesehatan pasien.

kegiatan pertemuan PIPP ini sangat bermanfaat sehingga informasi-informasi seputar JKN terbaru, dapat diteruskan ke pimpinan, tenaga kesehatan dan pegawai di rumah sakit kami.

“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan secara rutin.Saya sangat berterima kasih kepada pasien dan BPJS Kesehatan atas kerja samanya selama ini. Melalui kegiatan ini, kita dapat menyamakan persepsi, baik terhadapa regeulasi terbaru dan sebaiknya dapat saling sinergi dan berkolaborasi untuk kepuasan peserta di fasilitas kesehatan. Baik itu dari FKTP maupun rumah sakit, agar Pelayanan kesehatan pasien dapat dioptimalkan,” ujar Nikita.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat