bdadinfo.com

Jokowi Batal Tekan Tombol Sirine Peresmian Pembangunan Proyek Tol Menghubungkan Jambi, Sumsel dan Lampung Molor Sebagai Penutup dari Pembangunan JTTS - News

jalan Tol Bayung Lencir-Tempino (Baleno) merupakan bagian strategis dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antarprovinsi di Pulau Sumatera.

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi (Baleno) yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan panjang keseluruhan yakni 169,9 km sebagai penutup dari Pembangunan proyek jalan tol trans Sumatera atau JTTS.

Di mana Jalan Tol Baleno ini akan dibangun secara bertahap dan dibagi menjadi 4 seksi meliputi Seksi Betung-Tungkal Jaya, Tungkal Jaya-Bayung Lencir, Bayung Lencir-Tempino, dan Tempino-Sp. Ness.

Diketahui, saat ini tengah dilakukan pembangunan Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino sepanjang 34 Km yang merupakan Jalan Tol pertama di Provinsi Jambi menyambungkan Provinsi Jambi ke Palembang hingga Lampung.

Baca Juga: 7 Calon Mahasiswa Saga Saja Kota Pariaman Ikuti SKD Politeknik PU Semarang Tahun 2024

Untuk progres konstruksi Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino saat ini telah mencapai 29,12?n ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino merupakan upaya besar Pemerintah untuk meningkatkan konektivitas khususnya di Pulau Sumatera sehingga dapat memangkas waktu perjalanan yang semula 4 hingga 5 jam menjadi 1,5 jam saja sehingga dapat menghemat waktu perjalanan hingga 50%.

Jalan Tol yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) ini telah mendapat dukungan masyarakat, pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah sehingga diharapkan selesai tepat waktu sesuai dengan target penyelesaiannya dan dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi dibangun dengan 2 skema pembiayaan konstruksi, yakni melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sepanjang 136,3 Km dan dukungan konstruksi Pemerintah sepanjang 34 Km.

Proyek pembangunan jalan tol yang menghubungkan Jambi, Sumatera Selatan (Sumsel) dan Lampung mengalami penundaan yang menyebabkan masyarakat harus menunggu lebih lama untuk menikmati kemudahan akses tersebut.

Jalan tol yang dikenal dengan nama Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino (Baleno), semula direncanakan akan selesai pada bulan Juli 2024, namun kini dipastikan akan molor dari jadwal yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Tips Mengasah Critical Thinking dalam Kehidupan Sehari-hari, Biar Ga Kena Hoax

Adapun kendala utama yang menyebabkan penundaan ini adalah masalah pembebasan lahan.

Kendala ini menjadi penyebab utama dari penundaan proyek yang semula direncanakan selesai pada Juli 2024.

Melansir dari kanal YouTube Sahabat Alip Rahadian Official, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Jambi, Ibnu Kurniawan, mengungkapkan bahwa meskipun progres pembangunan sudah mencapai 86%, keterlambatan terjadi akibat belum selesainya proses pembebasan lahan.

Dari 10 bidang yang harus dibebaskan di Simpang Sebidang, hanya 4 bidang yang telah rampung, sementara 6 bidang lainnya masih dalam proses.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat