bdadinfo.com

Tips Mengasah Critical Thinking dalam Kehidupan Sehari-hari, Biar Ga Kena Hoax - News

Ilustrasi - Pentingnya Mempunyai Critical Thinking untuk Kehidupan Sehari-hari.

- Sebagai negara dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi, Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah berjuang melawan informasi palsu atau hoax.

Indonesia sangat rentan dengan berita palsu, hal ini dibuktikan dari survei yang dilakukan oleh Kantar TNS dalam riset Connected Life 2017, setidaknya terdapat 61 persen masyarakat Indonesia dengan senang hati mempercayai informasi yang diperoleh.

Mudah mempercayai informasi yang tersebar di media sosia tanpa validasi terlebih dahulu menandakan kesadaran masyarakat di Indonesia untuk menerapkan critical thinking masih sangat rendah.

Baca Juga: Pj Wako Padang Panjang: Tahun Baru Islam Momen untuk Memperbaiki Diri

Mengutip dari The Foundation For Critical Thinking, critical thinking adalah proses menganalisa dan evaluasi informasi yang didapat untuk melakukan observasi sebagai langkah untuk mempercayai suatu hal hingga melakukan tindakan.

Berita hoax yang tersebar di media sosial menjadi menarik untuk disebar luaskan. Belum lagi pengguna judul yang membuat penasaran lebih terkesan bias.

Kemudahan penyebaran berita palsu yang ditemui di media sosail, mengharuskan kamu untuk berpikir kritis sebelum mempercayai berita yang dibaca.

Setidaknya terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan saat membaca berita di media sosial agar tidak mudah termakan hoax.

Berikut beberapa cara membaca berita dengan menerapkan critical thinking yang baik, Yuk simak!

1. Lihat Kredibilitas Penulis dan Media

Tidak bisa dipungkiri, ada banyak website atau portal berita yang bisa diakses dengan mudah untuk mendapt berita. Sebelum membacanya, pastikan memilih media yang kredibilitas.

Media dengan kredibilitas yang baik, tidak akan membiarkan penulisnya membuat berita palsu dengan segenap kontroversi. Mereka tentu harus menjungjung tinggi kode etik jurnalistik sebelum menerbitkan sebuah berita.

Baca Juga: Kemensos RI dan Komisi VIII DPR RI Serahkan Bantuan untuk KPM, PM dan PKH di Kota Pariaman

2. Lihat Alasan yang Ditulis Penulis

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat