bdadinfo.com

Dipengujung Waktu Jokowi Bagi-bagi Proyek! Si Anak Emas Sumatera Selatan Dapat 3 Proyek Raksasa Bikin Tetangganya Sumatera Barat Cuma Bisa Gigit Jari - News

Provinsi Sumatera Selatan tahun depan dapat tiga proyek strategis nasional (PSN). Tiga proyek itu adalah pengembangan Pelabuhan, kelanjutan pembangunan tol dan reaktivasi jalur kereta api.

- Di pengujung masa pemerintahan Presiden Jokowi, tak kurang 3 dari 15 Proyek Strategis Nasional (PSN) di Sumatera Selatan (Sumsel) dilaporkan telah rampung 100 %.

Ketua Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo dalam Rapat Koordinasi Pembahasan Proyek Strategis Nasional, di Griya Agung, Palembang, Kamis 4 Juli 2024.

Lebih lanjut, Staf Khusus Bidang Percepatan Pembangunan Wilayah, Pembangunan Infrastruktur dan Investasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko RI) ini menambahkan, hampir semua Proyek Strategis Nasional di Sumsel telah berjalan on the track.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Elen Setiadi memimpin rapat koordinasi (rakor) pembahasan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Sumatera Selatan diselenggarakan oleh Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Griya Agung.

Baca Juga: Kembali ke Jalur Kemenangan, Jakarta Electric PLN Tekuk Pertamina Enduro 3-1 di Final Four Proliga 2024

Elen katakan rapat ini membahas berbagai upaya penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) di Sumsel agar sesuai target yang telah ditentukan.

"Ada beberapa PSN yang kita targetkan dapat selesai tahun ini. Kita akan diskusikan dengan semua yang ada disini, setiap progresnya. Dan kita libatkan juga Pemkab/Pemkot se-Sumsel, " Ujarnya.

Elen katakan Pemprov Sumsel juga akan melaporkan berbagai persoalan yang dihadapi dan sejauh apa progres penyelesaiannya.

Sebelumnya, Staf Khusus Bidang Percepatan Pembangunan Wilayah, Pembangunan Infrastruktur dan Investasi, Kemenko Bidang Perekonomian RI, Wahyu Utomo, menyampaikan arahan Presiden RI Joko Widodo yang mengingatkan agar setiap PSN yang sudah mulai dikerjakan tidak boleh ada yang mangkrak.

"Setiap proyek harus diteliti dengan benar. Masalah-masalah yang ada seperti pengadaan tanah ataupun perizinan dapat diperhatikan, supaya PSN ini dapat selesai sesuai target dan memberikan dampak ekonomi, " Jelasnya.

Baca Juga: Bupati Agam Peletakan Batu Pertama Huntara Bagi Korban Banjir Bandang di Nagari Batu Taba

Diungkapnya, setiap laporan yang ada nanti akan dievaluasi. Saat ini terdapat total 218 project tersebar di berbagai sektor 6200 triliun sebagian besar bisa kerjasama pernah badan usaha atau usaha.

Lingkup evaluasi daftar PSN mencakup 218 Proyek dan 15 Program yang tercantum dalam Permenko 6/2024. Diantaranya 92 Proyek telah selesai dan beroperasi dan 126 Proyek belum selesai. Selain itu, Dari 15 Program, 10 Program tahap beroperasi sebagian, 3 Program tahap konstruksi dan 2 Program tahap persiapan.

Sedangkan Terdapat 15 PSN di Prov Sumatera Selatan dengan rincian 3 Selesai dan beroperasi, 4 beroperasi Sebagian, 4 Konstruksi, 2 Transaksi, dan 2 Penyiapan.

"Untuk menyelesaikan setiap PSN ini Pemerintah akan melibatkan berbagai pihak dalam pembiayaannya. Perlu komitmen bersama agar PSN ini dapat selesai sesuai target yang telah ditentukan, " Tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat