bdadinfo.com

Jalan Tol Paling Top di Pulau Sumatera Terkoneksi Jalan Tol Trans Sumatera Berada di Sumatera Barat dan Punya Tol Super Megah di Asia Tenggara - News

Jalan Tol Padang–Pekanbaru sepanjang 255 km dengan rute Padang menuju Bukittinggi sampai ke Pekanbaru akan segera dimulai dan yang luar biasa dari proyek ini adalah adanya terowongan sepanjang 8,95 km yang berada tepatnya di daerah Payakumbuh.

 - Mega proyek jalan tol paling top ternyata berada di Sumatera Barat yaitu proyek Jalan Tol PadangPekanbaru adalah jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Padang dengan Pekanbaru.

Jalan Tol Padang–Pekanbaru ruasnya berada di Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau melewati Lembah Anai yang merupakan deretan tebing curam yang terletak di Padang Panjang terus menyeberang jurang di Ngarai Sianok, Bukittinggi dan bersambung dengan kelok sembilan di Payakumbuh.

Jalan Tol Padang–Pekanbaru sepanjang 255 km dengan rute Padang menuju Bukittinggi sampai ke Pekanbaru akan segera dimulai dan yang luar biasa dari proyek ini adalah adanya terowongan sepanjang 8,95 km yang berada tepatnya di daerah Payakumbuh.

Baca Juga: Memahami Definisi Kata Pepek yang Bikin Aplikasi Sipepek Kabupaten Cirebon Jadi Kontroversi

Terowongan yang menembus Bukit Barisan tersebut akan menjadi terowongan tol pertama di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera dan terowongan tol terpanjang di Indonesia.

Tahap awal dilakukan peletakan batu pertama Padang-Sicincin, untuk membangun terowongan tersebut dibutuhkan dana sekitar Rp9 triliun dari total Rp78,09 triliun pembangunan keseluruhan, jadi untuk terowongan saja sudah menghabiskan dana Rp9 Triliun.

Pada tanggal 27 Oktober 2022, Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 6 Pekanbaru-Bangkinang telah resmi beroperasi dan dibuka untuk umum serta belum dikenakan tarif karena masih dalam tahap uji coba.

Baca Juga: Sumsel Maju untuk Semua! Sumatera Selatan Dapat Jatah Tiga Proyek Raksasa Sekaligus, Beda dengan Provinsi Konoha Suka Berdebat dan Semakin Tertinggal

Pada tanggal 4 Januari 2023, Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 6 Pekanbaru-Bangkinang diresmikan kepada Presiden Jokowi. Pada tanggal 31 Mei 2024, Jalan Tol Bangkinang-XII Koto Kampar diresmikan kepada Presiden Jokowi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa terowongan dipakai untuk menghemat rute, karena jika tidak memakai terowongan akan lebih panjang 11 km. Pembangunan jalan tol ini dibagi menjadi 6 tahap pengerjaan

Pembangunan mega proyek jalan tol terowongan di Sumatera Barat bakal menjadi primadona di Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS dikarenakan jalan tol ini akan jadi yang termegah di Asia Tenggara.

Di mana pihak Dinas Bina Marga Cipta karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Provinsi Sumatera Barat menyebut terdapat satu titik pembuatan terowongan untuk Jalan Tol Padang-pekanbaru yang berada di kabupaten Limapuluh kota.

Baca Juga: Pernah Kamu Membenarkan Tindakan dengan Alasan Self-Love? Perhatikan Tujuan Hidupmu Agar Self-Love Tak Berujung pada Self-Sabotages

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas BMCKTR Sumbar, Era Sukma Munaf mengatakan panjang proyek yang akan digarap JICA itu hampir 11 km dengan nilai investasi 7 triliun rupiah.

Pengerjaan terowongan itu akan dimulai pada tahun ini, dan ditargetkan pengerjaan terowongan tuntas 8 tahun lamanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat