bdadinfo.com

Apa Kabar Sumatera Barat? Riau-Sumatera Selatan Semakin Berjaya Terhubung Persimpangan Jalan Tol Rengat-Bypass Pekanbaru - News

Pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru - Rengat terus berjalan. Salah satu fokus pembangunan merupakan bagian dari ruas pembangunan Tahap II ini membangun persimpangan (junction) bypass Pekanbaru.

- Proyek pembangunan Jalan Tol Rengat–Pekanbaru adalah Jalan Tol yang menghubungkan antara Kota Pekanbaru dan Kota Rengat. Saat ini tim konsultan sedang bekerja dilapangan untuk menentukan trasenya.

Tim konsultan ini lah yang melakukan sirvei dan kajian, kemana Jalan Tol Pekanbaru-Rengat ke Jambi ini akan melintas.

"Mereka (tim konsultan) yang mengkaji tol itu nanti pilihan lewat mana, itulah tim konsultan yang menetapkannya, sekarang mereka sedang bekerja di lapangan," kata Sekretaris Perusahaan Hutama Karya (HK) Muhammad Zulfan akhir pekan lalu.

Hutama Karya (HK) kini tengah fokus mengerjakan penyelesaian salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap II yakni Jalan Tol Rengat – Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru. Designnya juga sudah dibagikan oleh pihak HK.

Baca Juga: Keren! Jalan Tol Terpanjang di Indonesia  ini Sanggup Koneksikan 2 Daerah di Sumatera yang Dulu Butuh Setengah Hari Perjalanan Kini Jadi Cuma 5 Jam

Untuk diketahui, jalan Tol Rengat – Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru ini akan dibangun sepanjang 30,57 km.

Executive Vice President (EVP) Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa Jalan Tol Rengat–Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru–Bypass Pekanbaru ini merupakan tol penghubung antar provinsi di jantung Sumatera, yakni Riau, Sumbar dan Jambi.

"Untuk membangun Jalan Tol Rengat-Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru-Bypass Pekanbaru ini, kami telah melakukan penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) pada Desember 2023," kata Executive Vice President (EVP) Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, dikutip pada Rabu (3/1/2024).

Baca Juga: Upaya Nyata BRI Atasi Masalah Sampah dan Lawan Perubahan Iklim Buahkan Penghargaan Platinum pada BISRA Awards 2024

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi Ibnu Kurniawan mengungkapkan rencana kelanjutan pembangunan jalan tol Jambi yakni dari Tempino-Simpang Ness-Merlung hingga batas Rengat, Provinsi Riau segera dimulai pada 2024.

Pembangunan Jambi-Rengat ini memiliki total panjang 198 km, dengan sebagian besar, yaitu 116,5 km berada di Provinsi Jambi, sementara sisanya berada di wilayah pembangunan Riau.

"Jalan Tol Jambi-Rengat diharapkan memberikan dampak positif terutama dalam meningkatkan konektivitas dan pengembangan wilayah di kedua provinsi," sebutnya.

Baca Juga: Dipengujung Waktu Jokowi Bagi-bagi Proyek! Si Anak Emas Sumatera Selatan Dapat 3 Proyek Raksasa Bikin Tetangganya Sumatera Barat Cuma Bisa Gigit Jari

Pembangunan Persimpangan Jalan Tol Rengat - Bypass Pekanbaru Ditagetkan Rampung Tahun 2025

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat