bdadinfo.com

Keren! Jalan Tol Terpanjang di Indonesia  ini Sanggup Koneksikan 2 Daerah di Sumatera yang Dulu Butuh Setengah Hari Perjalanan Kini Jadi Cuma 5 Jam - News

Ilustrasi jalan tol terpanjang di Indonesia, Jalan Tol Terpeka yang juga rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Tol ini mampu koneksikan 2 daerah di Pulau Sumatera yang berjarak 12 perjalanan menajdi 5 jam saja. (Instagram: pupr_bpjt)

- Pembangunan infrastruktur jalan tol terus dilangsungkan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Hingga pertengahan tahun 2024, beberapa proyek pembangunan jalan tol terus didorong. Salah satunya mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Meski pembangunan proyek jalan tol semakin hari semakin bertambah jumlahnya akan tetapi belum ada yang mampu menggantikan jalan tol terpanjang di Indonesia.

Baca Juga: Asyik! Jalan Tol Penghubung Jambi-Sumatera Selatan Konstruksi Proyeknya Sudah sampai Simpang Ness: Akhir Tahun 2024 Rampung?

Jalan tol terpanjang di Indonesia sendiri diketahui hadir di antara rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera yang hadir menghubungkan Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung.

Ruas jalan tol terpanjang di Indonesia tersebut adalah Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung atau yang dikenal pula dengan nama Jalan Tol Terpeka .

Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 15 November 2019 silam, jalan tol ini belum tergantikan statusnya sebagai yang terpanjang di bumi pertiwi. 

Baca Juga: Mundur Sebulan Jadi Rampung Agustus 2024, Tol Pertama Jambi Semakin Terlihat Gagah Siap Menuju Palembang Hitungan Menit!

Jalan Tol Terpeka ini dibangun dengan panjang total lintasan mencapai 189 km. Tol tersebut dibangun untuk melengkapi Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar yang telah beroperasi lebih dulu.

Jalan Tol Terpeka ini terbagi menjadi 2 (dua) seksi yaitu seksi satu Jalan Tol Terbaggi Besar - Pematang Panggang sepanjang 112 km.

Kemudian, seksi dua Jalan Tol Pematang panggang - Kayu Agung sepanjang 77 km. Tidak hanya menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia, tol ini juga menorehkan prestasi lain.

Baca Juga: Angkat Tangan! Pemerintah Pusat Pusing Mikirin 4 Proyek Tol Sumatera Barat: Jalan Tol Trans Sumatera Akhirnya Mentok Cuma sampai Sicincin?

Jalan Tol Terpeka ini berhasil mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai jalan tol dengan waktu pengerjaan pembangunan tersingkat di Indonesia.

Jalan Tol Terpeka ini dibangun hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun atau 841 hari saja. Tentunya hal tersebut merupakan capaian yang luar biasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat