bdadinfo.com

Jokowi Minta Maaf! Laporan Pembangunan Tol Jambi-Palembang Molor, Seksi 4 Dikebut Malah Seksi 3 Mundur Tidak Sesuai dengan Kenyataan - News

Proyek Jalan tol ruas Kayu Agung - Jakabaring dengan panjang 33,5 km beroperasi pada tanggal 1 April 2020. Kemudian ruas Jakabaring - Kramasan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 26 Januari 2021.

- Terkait pembangunan mega proyek Jalan Tol Kayu AgungPalembangBetung atau Jalan Tol Kapalbetung adalah mega proyek infrastruktur jalan tol sepanjang 111,6 kilometer dari Kayu Agung hingga Betung.

Di mana Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera dan pembangunannya diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 7-8 triliun.

Pembangunannya dilaksanakan PT Waskita Sriwijaya Tol, kerja sama antara Markmore Labuan Limited dari Malaysia dengan PD Prodexim bersama Waskita Karya.

Baca Juga: Jakarta Punya Tol yang Segera Operasi! Terkoneksi dengan Jalan Tol Trans Jawa Ruas Japek: Tingkatkan Konektivitas di Depok, Bekasi, dan Bogor 

Proyek Jalan tol ruas Kayu Agung - Jakabaring dengan panjang 33,5 km beroperasi pada tanggal 1 April 2020. Kemudian ruas Jakabaring - Kramasan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 26 Januari 2021.

Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan panjang keseluruhan yakni 169,9 km.

Jalan Tol ini akan dibangun secara bertahap dan dibagi menjadi 4 seksi meliputi Seksi Betung-Tungkal Jaya, Tungkal Jaya-Bayung Lencir, Bayung Lencir-Tempino, dan Tempino-Sp. Ness.

Saat ini tengah dilakukan pembangunan Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino sepanjang 34 Km yang merupakan Jalan Tol pertama di Provinsi Jambi menyambungkan Provinsi Jambi ke Palembang hingga Lampung.

Untuk progres konstruksi Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino saat ini telah mencapai 29,12% ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino merupakan upaya besar Pemerintah untuk meningkatkan konektivitas khususnya di Pulau Sumatera sehingga dapat memangkas waktu perjalanan yang semula 4 hingga 5 jam menjadi 1,5 jam saja sehingga dapat menghemat waktu perjalanan hingga 50%.

Jalan Tol yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) ini telah mendapat dukungan masyarakat, pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah sehingga diharapkan selesai tepat waktu sesuai dengan target penyelesaiannya dan dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca Juga: Berpapasan Langsung dengan Jalan Nasional, Proyek Tol Seksi 4 Jambi Sudah Masuk Proses Pembersihan Lahan: Selamat Datang Jalan Tol Sepanjang 169 Km!

Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi dibangun dengan 2 skema pembiayaan konstruksi, yakni melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sepanjang 136,3 Km dan dukungan konstruksi Pemerintah sepanjang 34 Km.

Pembangunan jalan tol Jambi-Palembang menghadapi tantangan serius dengan kemunduran progres pada seksi 3, sementara upaya untuk mempercepat pengerjaan seksi 4 terus diperkuat.

Seksi 3 yang sebelumnya memimpin dengan pencapaian 85,4% kini mengalami penurunan dari target yang telah ditetapkan. Berdasarkan informasi terbaru, perhatian terpusat pada pengerjaan di seksi 4 yang baru-baru ini memasuki tahap land clearing.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat