bdadinfo.com

Selamat Tinggal Jokowi! Prabowo akan Tekan Tombol Sirine Peresmian Proyek Jalan Tol Lampung-Medan-Aceh Bersatu di Jalan Tol Trans Sumatera - News

Jalan Tol Trans Sumatera adalah jaringan jalan tol sepanjang 2.818 km di Indonesia yang direncanakan menghubungkan kota-kota di pulau Sumatra, dari Lampung hingga Aceh. Jalan Tol ini adalah jalur nadinya Pulau Jawa dengan Pulau Sumatra dan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta-Merak.

-  Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus seluruh mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam setiap penyelesaian Jalan Tol yang ada di Indonesia baik yang sedang dalam tahap pembangunan hingga selesai untuk diresmikan.

Beroperasinya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang nantinya akan tersambung dari Lampung hingga Banda Aceh sangat berperan penting dalam mendukung aksesibilitas masyarakat di Pulau Sumatera.

Baik dari kelancaran berkendara yang memangkas waktu tempuh antar wilayah, hingga mendukung kelancaran pendistribusian logistik serta menumbuhkan banyak lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat.

Baca Juga: Jeje Govinda Akan Maju sebagai Calon Bupati Bandung Barat, Raffi Ahmad Punya Peran Besar?

Sebelumnya pada awal Februari 2024 lalu, 2 ruas baru Jalan Tol Trans Sumatera yakni Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Seksi Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 20,4 Km dan Jalan Tol Indrapura - Kisaran Seksi Indrapura - Lima Puluh sepanjang 15,6 Km telah diresmikan Presiden Jokowi.

Hingga saat ini berdasarkan data bulan Februari 2024 Jalan Tol Trans Sumatera telah beroperasi sepanjang 884,5 Km yang terdiri dari 15 ruas, yakni :

1. Bakauheni - Terbanggi Besar 141 Km
2. Terbanggi Besar - Kayu Agung 189 Km
3. Kayu Agung - Palembang - Betung 42,5 Km
4. Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 Km
5. Medan - Binjai 17 Km
6. Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi 62 Km
7. Palembang - Indralaya 22 Km
8. Sigli - Banda Aceh Seksi 2 - 6 (Seulimeum - Baitussalam) 49 Km
9. Pekanbaru - Dumai 131 Km
10. Pekanbaru - Bangkinang 31 Km
11. Binjai - Tj. Pura 39 Km
12. Bengkulu - Taba Penanjung 17 Km
13. Indralaya - Prabumulih 65 Km
14.Tebing Tinggi - Indrapura 20,4 Km
15. Indrapura - Lima Puluh 15,60 Km

Baca Juga: Indonesia Terus Perkuat Posisi Sebagai Pemain Kunci dalam Rantai Pasok Mineral Kritis Dunia

Seperti halnya, seorang pengemudi asal Medan bernama Mursyid yang sering menggunakan salah satu Jalan Tol Trans Sumatera sangat terbantu dengan adanya pembangunan Jalan Tol di Pulau Sumatera.

"Kami yang sering melintas antar wilayah ke dalam kota dan luar kota menjadi semakin cepat dan dipermudah lewat Jalan Tol yang sudah ada dan beroperasi," ujarnya.

PT Hutama Karya (Persero) sedang mempercepat pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Direktur Utama HK Budi Harto berharap, pemerintahan baru yaitu Prabowo-Gibran dapat lebih fokus terhadap penyediaan infrastruktur sehingga jalan tol ini dapat segera tersambung sepenuhnya.

Dia pun menargetkan, Tol Bakauheni di Lampung, hingga Medan dapat tersambung pada tahun 2029.

"Sampai Medan dulu insyaallah 2029 nyambung. Dari Bakauheni sampai Medan. Mudah-mudahan nanti pemerintahan baru concern," ujarnya usai rapat bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta.

Baca Juga: Harta Karun Riau! Blok Rokan Dumai Disebut Blok Migas Paling Produktif dalam Sejarah Perminyakan Indonesia: Sanggup Hasilkan Berapa Barel per Hari? 

Sampai saat ini, proyek Tol Trans Sumatera yang masih digarap HK untuk menyambungkan dari Lampung hingga Medan adalah ruas Betung sampai Jambi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat