bdadinfo.com

Ayah Kandung Gibran Rakabuming Resah Air dan Listrik Belum Siap! Akhirnya, Dengan Sangat Menyesal Jokowi Batal Pindah Ke IKN Nusantara Bulan Ini - News

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan hari ketiga di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sebelum memulai kegiatan Presiden terlihat melaksanakan sarapan bersama sejumlah menteri yang turut bermalam di IKN

- Sebelumya, Jokowi mengesahkan Undang-undang Daerah Kekhususan Jakarta pada 25 April 2024. UU DKJ mengatur segala proses pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara atau IKN. Status Ibu Kota Negara tidak akan berganti sebelum Presiden menerbitkan Keppres pemindahan ibu kota.

Hal tersebut tercantum pada Pasal 63 UU Nomor 2 Tahun 2024 tentang DKJ sebagaimana dilansir salinan resmi dari aturan tersebut.

"Pada saat UU ini resmi diundangkan, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta tetap berkedudukan sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia sampai dengan penetapan Keputusan Presiden mengenai pemindahan Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan," tulis aturan itu.

Baca Juga: Panggung Hiburan Rakyat HUT ke-22 Kota Pariaman Dihadiri Ribuan Warga

Usai tak berstatus Ibu Kota Negara, Jakarta diproyeksikan menjadi Pusat Ekonomi Nasional dan Kota Global dengan fungsi sebagai pusat perdagangan, pusat kegiatan layanan jasa dan layanan jasa keuangan, serta pusat kegiatan bisnis nasional, regional, dan global.

Sebelumnya Jokowi merencanakan untuk pindah kantor ke IKN pada Juli 2024. Operasional presiden di IKN akan berpindah seiring rampungnya pembangunan tahap pertama gedung-gedung pemerintah.

Pemerintah merencanakan untuk menggelar upacara 17 Agustus tahun ini secara hybrid di IKN dan Jakarta. Sampai saat ini belum ada rencana Jokowi pindah ke IKN.

Baca Juga: Peringati 1 Muharram, Srikandi PLN Sumbar Antusias Donorkan Darah Melalui PMI Padang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal pindah kantor ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada bulan ini karena infrastruktur yang belum siap.

Hal ini disampaikan olehnya saat lepas bantuan kemanusiaan Untuk Papua Nugini dan Afganistan, Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"Airnya sudah siap, belum? Listriknya sudah siap, belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, [tinggal] pindah," katanya kepada wartawan.

Lebih lanjut, ayah Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep itu membenarkan telah memperoleh laporan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terkait perkembangan pembangunan di IKN.

Baca Juga: Pesona Budaya Tabuik Kota Pariaman 2024 Dimulai, Ditandai dengan Prosesi 'Maambiak Tanah'

Menurutnya, dari laporan Basuki, pembangunan kantor Presiden belum sepenuhnya rampung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat