bdadinfo.com

Hutama Karya Bersumpah Pada Bulan Oktober Ini Tuntaskan Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Sepanjang 996 Km Sampai Menembus Batas Aspal Kota Padang - News

PT Hutama Karya (Persero)  telah membangun o) telah membangun jalan tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 800 km dan ditambah akan selesai Oktober ini 166 km, jadi sampai Oktober akan beroperasi 996 km.

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera adalah jaringan jalan tol sepanjang 2.818 km di Indonesia yang direncanakan menghubungkan kota-kota di pulau Sumatra, dari Lampung hingga Aceh.

JTTS adalah jalur nadinya Pulau Jawa dengan Pulau Sumatra dan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta-Merak

Pihak, PT Hutama Karya (Persero) telah membangun jalan tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 800 km per Juni 2024 dari keseluruhan penugasan yang sepanjang 2.854 km. Rencananya tahap I dan sebagian tahap II selesai tahun 2024.

Baca Juga: Argentina Kalahkan Kanada di Semifinal Copa America 2024, Lionel Messi dan Kawan-kawan Siap untuk Gelar Berikutnya!

"HK telah membangun sepanjang 800 km dan ditambah akan selesai Oktober ini 166 km, jadi sampai Oktober akan beroperasi 996 km," ujarnya.

Adapun ruas-ruas tol yang telah beroperasi, antara lain ruas Medan-Binjai yang sudah diambil Indonesia Investment Authority (INA).

Lalu Pekanbaru-Dumai, Palembang-Indralaya, Terbanggi Besar-Kayu Agung, Bakauheni-Terbanggi Besar, Taba Penanjung-Bengkulu, dan Simpang Indralaya-Muara Enim.

Sementara yang telah beroperasi sebagian dan masih konstruksi di antaranya, Sigli-Banda Aceh, Binjai Langsa Seksi Binjai-Pangkalan Brandan, Kisaran-Indrapura, Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Siantar, Padang Sicincin, dan Pekanbaru-Koto Kampar.

Sampai 25 Juni 2024 HK telah membangun 800 km. Pihaknya menargetkan, sebagian tahap 2 selesai 2024 ini.

"Tahap 2 sudah mulai dikonstruksi dan ruas Tol Junction Bypass Pekanbaru," imbuhnya.

Sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero) akan menyelesaikan ruas Tol Palembang-Betung yang merupakan bagian dari Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung).

Namun, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengungkapkan, proyek tersebut membutuhkan dana keseluruhan sebesar Rp 15,47 triliun.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Sunda Kelas 7 SMP/MTs Halaman 64 Latihan Pamekar Diajar Basa Dongeng 'Si Kabayan Marak'

Sehingga, perseroan membutuhkan dana tambahan melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) tunai sebesar Rp 1 triliun.

Meskipun, Ia mengaku, sebelumnya juga telah menerima PMN 2024 sebesar Rp 13,42 triliun untuk membantu menyelesaikan ruas tol Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat