bdadinfo.com

Paten! Berkat Tangan Dingin Jokowi Ruas Tol JORR 2 Tersambung Seluruhnya Usai Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan, Apa Untungnya Buat Jakarta? - News

JORR2 tersambung seluruhnya setelah Jalan Tol Cimanggis-Cibitung diresmikan Wakil Presiden  Ma'ruf Amin. (Instagram @pupr_binamarga)

– Warga Jakarta dan sekitarnya, terutama di bagian timur patut berbahagia sebab akses menuju pusat kota makin terkoneksi selepas diresmikannya Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

Peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung tak seperti biasa karena kali ini tidak dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melainkan diresmikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Selasa 9 Juli 2024.

Memiliki panjang 26,18 km, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Baca Juga: Argentina Kalahkan Kanada di Semifinal Copa America 2024, Lionel Messi dan Kawan-kawan Siap untuk Gelar Berikutnya!

Jalan tol tersebut melintasi empat wilayah, yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kab. Bogor, dan Kab. Bekasi menuju ke Jakarta dan sebaliknya.

Selain itu, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung juga terkoneksi langsung dengan Jalan Tol Cibitung – Cilincing dan menjadi akses penghubung dari Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi serta terkoneksi ke 5 ruas lainnya tergabung dalam Jalan Tol JORR 2.

Ada dua seksi jalan tol ini, yakni Seksi 1 Ruas Junction Cimanggis–Jatikarya dan Seksi 2 Ruas Jatikarya–Cibitung.

Untuk Seksi 1 dan Seksi 2A dengan panjang total 6,5 km, telah beroperasi sebelumnya. Sedangkan, Seksi 2B Cikeas - Cibitung sepanjang 19,7 km baru diresmikan pada Selasa 9 Juli 2024.

Jaringan JORR 2 memiliki panjang total membentang sejauh 111 km dan semakin dilengkapi dengan telah beroperasinya Tol Cimanggis-Cibitung.

Baca Juga: Tahan Gempa dan Tsunami, Progres Pembangunan Jembatan Pandansimo Capai 40 Persen, Membentang Hampir 2 Km Menjadi yang Terpanjang di Yogyakarta

Sebelumnya, ruas JORR 2 yang telah beroperasi adalah dari Cengkareng - Kunciran - Serpong - Cinere - Jagorawi - Cimanggis lalu Cibitung - Cilincing yang sebelumnya sudah beroperasi sepanjang 91,3 km.

“Konektivitas antarkawasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya diharapkan dapat meningkat dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dengan jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek,” kata Wapres Ma'ruf Amin dalam keterangan tertulisnya.

Dengan tersambungnya JORR 2 maka waktu tempuh dari Bogor ke Bekasi akan terpangkas menjadi hanya 30-45 menit saja.

Untuk waktu tempuh dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng - JC Cimanggis sepanjang 51 km akan semakin singkat sekira 1 jam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat