bdadinfo.com

Menparekraf Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif di Padang Pariaman Melalui Kelana Nusantara - News

- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pengembangan ekonomi kreatif di Padang Pariaman dengan menghadirkan "Kelana Nusantara" sebagai ajang serap aspirasi dari para pelaku ekonomi kreatif.

Menparekraf Sandiaga dalam acara yang berlangsung di Tapi Rimbo, Kayu Tanam Padang Pariaman, Minggu (7/7/2024), mengatakan Padang Pariaman memiliki potensi ekonomi kreatif yang luar biasa.

"Untuk itu kami terus berupaya memperkuat ekosistem ekonomi kreatifnya melalui Kelana Nusantara. Apalagi daerah ini baru mengalami bencana karena terputusnya jalur yang menuju Padang Panjang, sehingga ekosistem ekonomi kreatif juga pariwisatanya perlu diperkuat dan dikembangkan," ujar Menparekraf Sandiaga.

Baca Juga: Hampir Jadi Mahyeldi-Vasco, Audy Joinaldy Kemana?

Melalui forum ini diharapkan ada wadah untuk menampung aspirasi dari masyarakat di akar rumput atau dikenal dengan istilah bottom up untuk nantinya dijadikan bahan masukan dan evaluasi dalam pembangunan parekraf ke depan.

Kabupaten Padang Pariaman sebelumnya telah melakukan Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) pada tahun 2018 dengan menetapkan kuliner sebagai subsektor unggulan.

Program Kelana Nusantara yang dihadirkan Kemenparekraf diharapkan dapat semakin memperkuat kolaborasi di antara pelaku ekonomi kreatif di Padang Pariaman dalam mengembangkan subsektor kuliner.

Baca Juga: Hutama Karya Bersumpah Pada Bulan Oktober Ini Tuntaskan Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Sepanjang 996 Km Sampai Menembus Batas Aspal Kota Padang

"Banyak juga permintaan dukungan permodalan dari para pelaku ekonomi kreatif. Kami akan fasilitasi dengan dukungan model-model tidak hanya dari perbankan syariah tapi juga pola-pola lain," ujar Sandiaga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Oneng Setya Harini; Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Titik Lestari; serta Kepala Dinas Pariwisata Sumatra Barat, Luhur Budianda.***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat