bdadinfo.com

Jalan Tol yang ‘Melayang’ di Atas Laut Progres Pembangunannya Baru 9 Persen, Warga Jawa Tengah Harap Bersabar: Proyeknya Baru Bisa Tuntas pada…  - News

Jalan Tol yang ‘Melayang’ di Atas Laut Progres Pembangunannya Baru 9 Persen, Warga Jawa Tengah Harap Bersabar: Proyeknya Baru Bisa Tuntas pada…  (Instagram @kemenpupr)

– Pembangunan jalan tol di Jawa Tengah ini cukup unik karena bakal terdapat jalan yang dibangun ‘melayang’ di atas laut sepanjang 8 km dengan tinggi 5 meter.

Dari laman Kementerian PUPR, berhasil mengumpulkan informasi bahwa progres pembangunan jalan tol yang menjadi bagian dari tol Semarang – Demak ini cukup lamban.

Progres terkini menyebutkan bahwa baru 9 persen capaian yang diraih.

Baca Juga: 2025 Sumatera Selatan Punya Jalan Tol Baru! Pembangunan Tol Pangkalan - Betung Terus Digaspol, Lebaran Tahun Depan Mudik Dijamin Bebas Macet? 

Sebagai informasi, jalan tol yang berada di atas laut tersebut terletak pada ruas tol Semarang – Sayung.

Pembangunannya menjadi porsi pemerintah dan terbagi ke dalam 3 (tiga) paket pengerjaan.

Saat ini, tahap konstruksi dengan progres fisiknya secara menyeluruh mencapai 9,25 persen.

Baca Juga: Selain Pangkas Waktu dari Solo ke Jogja, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Hemat Waktu ke Bandara di Kulonprogo: Enggak Cemas Ketinggalan Pesawat Deh 

Dengan progres yang masih minim tersebut, ruas tersebut ditargetkan dapat selesai konstruksi menyeluruh pada tiap paketnya pada bulan Februari 2027.

Sementara itu, untuk pembangunan pada ruas Sayung – Demak sepanjang 16,31 yang berada di daratan dilakukan oleh PT. PP Semarang Demak (PPSD) selaku BUJT.

BUJT tersebut menggunakan skema SBO-T (Supported, Build, Operate, and Transfer).

Baca Juga: Berkat Tol Solo-Jogja-YIA, Perjalanan dari Solo ke Yogyakarta Terpangkas Jadi 45 Menit: Enggak Perlu Pusing Macet-macetan Lagi di Jalan 

Jalan tol tersebut telah beroperasi sejak 25 Februari 2023 lalu.

Hal tersebut dijelaskan oleh Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat