bdadinfo.com

Target Ambisius Jokowi! Blok Rokan Riau Kini Dikelola 100 Persen oleh Pertamina, Optimis Produksi Minyak Bakal Meningkat Pesat: Targetnya Bukan Main  - News

Target Ambisius Jokowi! Blok Rokan Riau Kini Dikelola 100 Persen oleh Pertamina, Optimis Produksi Minyak Bakal Meningkat Pesat: Targetnya Bukan Main  (Pixabay.com/jpenrose)

– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan dalam keterangan pers saat berada di Pasar Senggol Kota Dumai, Riau awal Juni 2024 lalu bahwa kepemilikan dan pengelolaan Blok Rokan di Riau sudah 100 persen di tangan Pertamina.

Kabar baik tersebut merupakan salah satu alasan mengapa diadakannya Upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai dilakukan di lokasi tersebut sebagai simbol kedaulatan Indonesia.

"Blok Rokan di Dumai di Provinsi Riau ini sudah 100 persen dimiliki oleh Pertamina, dimiliki oleh negara kita Indonesia, dan dikelola 100 persen oleh anak-anak bangsa sendiri," kata Jokowi.

Baca Juga: Jalan Tol yang ‘Melayang’ di Atas Laut Progres Pembangunannya Baru 9 Persen, Warga Jawa Tengah Harap Bersabar: Proyeknya Baru Bisa Tuntas pada… 

Dengan berada di tangan negara, produksi minyak di Blok Rokan akan semakin meningkat pesat.

Hal ini terbukti dari data yang menyebutkan bahwa sejak dikelola oleh anak bangsa, produksi minyak di Blok Rokan memang alami peningkatan yang signifikan.

Sebelum dikelola oleh Pertamina, Blok Rokan Riau ini dikelola oleh perusahaan asing asal Amerika yakni Chevron.

Baca Juga: 2025 Sumatera Selatan Punya Jalan Tol Baru! Pembangunan Tol Pangkalan - Betung Terus Digaspol, Lebaran Tahun Depan Mudik Dijamin Bebas Macet? 

Dalam satu hari, produksi minyak yang dihasilkan pada saat itu mencapai 130 ribu barel minyak.

Saat ini, setelah dikelola Pertamina, produksinya mampu meningkat pesat mencapai 162 ribu barel per hari.

"Artinya dikerjakan oleh anak-anak kita sendiri itu terjadi peningkatan dan itu yang baik," ujarnya.

Baca Juga: Harta Karun Riau! Blok Rokan Dumai Disebut Blok Migas Paling Produktif dalam Sejarah Perminyakan Indonesia: Sanggup Hasilkan Berapa Barel per Hari? 

Melihat perkembangan positif tersebut, Jokowi pun menetapkan target ambisius untuk meningkatkan produksi minyak.

Dari yang saat ini sudah berada di angka 162 ribu ditargetkan menjadi lebih dari 200 ribu barrel per hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat