bdadinfo.com

Simsalabim! Tiba-tiba Jalan Tol Akses IKN Sudah Menembus Aspal Pulau Balang Jelang Upacara Kemerdekaan RI - News

Pembangunan jalan tol menuju akses ke IKN pada 17 Agustus nanti bisa digunakan hingga ke Pulau Balang. Rencana pembangunan tol ke IKN tersambung dari Bandara Sepinggan menuju tol Balikpapan - Samarinda

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol BalikpapanSamarinda atau Jalan Tol Balsam adalah sebuah jalan tol di Indonesia sepanjang 99,02 kilometer yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Jalan tol Balsam ini menjadi jalan tol pertama yang ada di Kalimantan dan kedua di keseluruhan Pulau setelah Jembatan Tol Tun Salahuddin, Sarawak, Malaysia yang mulai beroperasi terlebih dahulu dari tahun 2003.

Direncanakan akan melintasi wilayah Ibu Kota Baru Republik Indonesia di Kalimantan Timur. Jalan tol Balikpapan-Samarinda mulai beroperasi sejak tahun 2019.

Baca Juga: Viral Video Rekaman Harimau Berkeliaran di Area Konsesi Pelalawan, BBKSDA Riau Akhirnya Buka Suara

Pada tanggal 12 Januari 2011, proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,02 km dimulai. Proyek tersebut diresmikan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak.

Peresmian ditandai pemancangan batu pertama di kawasan Manggar, Balikpapan. Proyek Jalan Tol ini akan dibagi dalam beberapa tahap.

Tahap I dilaksanakan dengan dana APBD Provinsi Kalimantan Timur dengan sistem Tahun Jamak (Multy Years Contract) tahun anggaran 2011-2013.

Sedangkan Tahap II istilah PAKET diubah menjadi SEKSI untuk Seksi 01 (STA 0+500-2+100 dan 2+700-22+000) dilaksanakan dengan dana APBD Provinsi Kalimantan Timur tahun anggaran 2015-2018 yang terbagi dalam 5 segmen dan dana APBN pemerintah Pusat tahun anggaran 2015-2017.

Untuk Jembatan pada STA 2+100 - 2+700, sedangkan untuk Seksi 05 dengan dana APBN pemerintah pusat dan bantuan luar negeri dari China. Untuk Seksi 02, Seksi 03 dan Seksi 04 direncanakan akan ditawarkan kepada investor yang berminat baik dari dalam ataupun luar negeri

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan kabar terbaru dari pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Tips Menyusun Anggaran Gaji Bulanan Dengan Efisien

Dia menyebut, pembangunan jalan tol menuju akses ke IKN pada 17 Agustus nanti bisa digunakan hingga ke Pulau Balang.

"Jalan tol sampai Pulau Balang. Insya Allah sudah bisa dipakai, karena kita mau mengecek setelah tanggal 22 (Juli) ke situ," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Menurutnya, akses jalan tol ke IKN baru bisa dicapai hingga Pulau Balang, karena jalan tol ruas 6A dan 6B baru dikerjakan.

"Sampai Agustus baru bisa dikejar sampai Pulau Balang," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat