bdadinfo.com

Ada Apa Lagi Sumbar? Tokoh Masyarakat Pariaman Protes! Minta Tulisan Gerbang Jalan Tol Padang Sicincin di Nagari Kapalohilalang Ditutup! - News

Ada yang menarik perhatian di gerbang Tol Padang-Pekanbaru belakangan ini. Yakni, tulisan Padang-Sicincin pada gerbang Tol Padang-Sicincin di Nagari Kapalohilalang, Kecamatan 2x11 Kayutaman ditutup. Ternyata, penutupan itu berdasarkan permintaan masyarakat.

- Banyak problematika terkait pembangunan mega proyek Jalan Tol Padang Sicincin adalah Jalan tol Trans Sumatera bagian sirip dari Tol Padang Pekanbaru yang menghubungkan Sumatera Barat dan Riau dengan total panjang 36,6 KM.

Diketahui, Jalan Tol Padang Sicincin ini mulai di bangun Pada Bulan Februari tahun 2018 yang menghubungkan kota Padang dengan Sicincin yang berada di Kabupaten Padang Pariaman.

Jalan tol ini memiliki nilai Investasi Rp 9,72 Triliun dengan internal rate of return (IRR) minus 3,68%.

Pembangunan Jalan Tol Padang Sicincin yang merupakan bagian dari Jalan tol Padang Pekanbaru ini bertujuan untuk Mengurangi Waktu Tempuh antara dua Kota yang biasanya 1,5 jam akan menjadi kurang lebih 30 menit saja.

Baca Juga: Bantu Kolombia Lolos ke Final Copa America 2024, James Rodriguez Sukses Lewati Rekor Lionel Messi

Jalan Tol Padang Sicincin ini melewati 5 Kecamatan dan 15 Nagari yang berada di Kabupaten Padang Pariaman.

Proses Pembangunan Tol Padang Sicincin ini tidak mudah karena melewati berbagai kontur tanah yang beragam di mulai dari sungai, hutan, bukit, sawah, rawa, dan tanpa pemukiman, oleh karena itu PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Selaku anak usaha dari PT Hutama Karya (Persero) Menggunakan Teknologi Canggih untuk mempercepat proses pembangunannya diantaranya Building Information Modelling (BIM), Light Detection and Ranging (LIDAR), electrical density gauge (EDG), Kolom Grout Modular (KGM).

Sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020–2024.

Baca Juga: Presiden Terpilih Prabowo Subianto Dapat Warisan 3 Proyek Jalan Tol Trans Sumatera dari Presiden Joko Widodo Sebelum Turun Tahta Akhir 2024

Renstra Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, proyek Jalan Tol Padang Sicincin ini merupakan salah satu prioritas karena tercantum dalam perubahan terakhir peraturan PSN yaitu Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Jalan Tol Padang Sicincin ini dibiayai oleh Penyertaan Modal Negara (PMN) dengan menugaskan kepada PT Hutama Karya (Persero) sebagai Kontraktrok Pelaksananya.

Jalan Tol ini melewati berbagai jenis jalur seperti jalan lintas antar kota, jalan desa, Jalur Perlintasan Kereta Api, Sungai dan Rawa, oleh karena itu dalam pembangunan.

Baca Juga: Tuntaskan Perlawanan Uruguay, Kolombia akan Berjumpa Argentina di Final Copa America 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat