bdadinfo.com

JTTS Ruas Padang-Sicincin dan Sigli-Banda Aceh Seksi 1 Bakal Selesai Tahun Ini, Hutama Karya Beberkan Progresnya - News

Jalan Tol Padang-Sicincin akan selesai tahun ini

Dua ruas dari proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang masuk ke dalam pembangunan Tahap 1 telah menunjukkan progres yang signifikan.

Dalam hal ini, PT. Hutama Karya terus memantau jalannya progres ketersediaan lahan pada kedua ruas JTTS yang dinyatakan hampir selesai, sehingga membuat proses konstruksi juga turut segera terselesaikan.

Adapun dua ruas JTTS yang dimaksud adalah Jalan Tol Ruas Padang - Sicincin sepanjang 36 kilometer di Sumatera Barat dan Jalan Tol Ruas Sigli - Banda Aceh Seksi 1 Padang Tidji - Seulimum sepanjang 25 kilometer di Aceh.

Baca Juga: Para Orang Tua Siswa Wajib Tahu! Kurikulum Merdeka akan Diterapkan di Tingkatan Sekolah pada Tahun Ajaran Baru

Hutama Karya menargetkan kedua ruas JTTS tersebut selesai pada akhir 2024, tepatnya di Kuartal III dan IV.

Adjib Al Hakim selaku Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya pun menjelaskan secara rinci sejauh apa capaian progres dari kedua ruas Jalan Tol itu.

Sebagaimana dilansir melalui laman resmi Hutama Karya, sampai akhir Juni kemarin, pengadaan lahan Jalan Tol Ruas Padang - Sicincin sudah mencapai 96,68% dengan progres konstruksi di 67,20%.

Baca Juga: Jokowi Tambah 2 Ruas Tol Trans Sumatera Sepanjang 63,45 Km, Konektivitas Sumatera Makin Lancar Jaya!

Sementara itu, di periode yang sama, untuk pengadaan lahan Jalan Tol Ruas Sigli - Banda Aceh Seksi 1 Padang Tidji - Seulimum bertumbuh sebesar 76,65% terhadap penetapan lokasi lama dan tambahan, dengan progres konstruksi mencapai 88,55%.

Untuk Jalan Tol Ruas Padang - Sicincin sendiri diproyeksikan akan mengefisiensi waktu perjalanan dari Padang menuju Sicincin menjadi 30 menit, yang mulanya mencapai 1,5 jam.

Sama halnya ketika pembangunan fisik Jalan Tol Ruas Sigli - Banda Aceh Seksi 1 Padang Tidji - Seulimum nantinya selesai, maka panjangnya waktu tempuh dari Sigli ke Banda Aceh juga dapat ditekan, yang sebelumnya menghabiskan waktu 2-2,5 jam, kini hanya 1-1,5 jam saja.

Baca Juga: Bantu Kolombia Lolos ke Final Copa America 2024, James Rodriguez Sukses Lewati Rekor Lionel Messi

Dengan singkatnya waktu tempuh pada kedua ruas tol JTTS tersebut, tentu akan berdampak besar pada mobilitas pengguna Jalan Tol kedepannya.

Berbagai fasilitas struktur yang ada pada kedua ruas tol itu juga terbilang lengkap, seperti halnya di Jalan Tol Ruas Padang - Sicincin terdapat 1 simpang susun, 3 gerbang tol, dan jumlah lajur 2x2 di tahap awal dengan rencana kecepatan sekitar 80 kilometer/jam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat