bdadinfo.com

Habis Sidak Dadakan Jalan Rusak, Jokowi Langsung Turun ke Sawah Tinjau Pompanisasi di Lampung Selatan, Dorong Produktivitas Pertanian - News

Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan terhadap program pemberian bantuan pompa untuk pengairan sawah dan pertanian atau pompanisasi di Desa Bandan Hurip, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

- Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan terhadap program pemberian bantuan pompa untuk pengarian sawah dan pertanian, atau disebut sebagai pompanisasi di Desa Bandan Hurip, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengatasi adanya kemarau panjang yang terjadi di berbagai daerah pertanian di Indonesia.

"Pompanisasi ini digunakan sebagai antisipasi saat terjadi kekeringan yang panjang dan gelombang panas. Jadi kita harus siap terlebih dahulu agar akivitas petani untuk produksi beras tidak turun," kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Peringatan HKG PKK ke-52, Bupati Agam Soroti Pentingnya Kerjasama dalam Pembangunan Daerah

Diketahui, semua negara saat ini produksinya turun karena gelombang panas dan kekeringan yang panjang. Melansir dari presidenri.go.id, pada 11 Juli 2024.

Berdasarkan peninjauannya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa sistem irigasi suda baik, tapi tetap perlu pompanisasi untuk mengalirkan air dari sumber air yang berada lebih rendah dibanding sawahnya.

"Saya lihat di sini irigasinya sudah baik. Ini kita tarik airnya dari irigasi yang lebih rendah ke irigasi sekunder, tresier, kemudian bisa mengalir ke sawah. Jadi harapannya yang sebelumnya tanam panen satu kali, kini bisa dua kali, yang sudah dua kali bisa jadi tiga kali," jelasnya.

Baca Juga: Bupati Agam dan PERHIPTANI Bahas Musda ke-III dan Peluang Pemasaran Produk Pertanian

Luas baku sawah hdi Kabupaten Lampung Selatan ini mencapai 38.688 heltare dan dari luas tersebut, potensi luas sawah tadah hujan mencapai 30.976 hektare.

Pemerintah juga telah menyalurkan bantuan berupa pompa sebanyak 150 unit untuk Kabupaten Lampung Selatan dari total keseluruhan 2.606 unit pompa untuk Provinsi Lampung.

Diharapkan, hadirnya 150 pompa tersebut dapat memenuhi kebutuhan pertanian, terutama untuk pengairan di 1.650 hektare sawah.

Inisiatif pompanisasi ini menjadi salah satu langkah pemerintah untuk mengatasi berbagai masalah yang nantinya akan dihadapi petani di Indonesia.

Kemudian juga untuk mendukung upaya-upaya dalam meningkatkan produksi pangan lokal ataupun nasional, terutama di tengah-tengah tantangan perubahan iklim yang nyata.

Turut mendampingi kunjungan Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut yakni Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Kemudian juga ada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Lampung Samsudin, serta Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat