bdadinfo.com

Anies Baswedan Lega MK Tolak Perpanjangan Masa Jabatan Presiden - News

Anies Baswedan  (foto/Sindonews)

- Bakal Calon Presiden RI Anies Baswedan menyinggung putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak perpanjangan masa jabatan Presiden. Anies merasa lega dengan keputusan ini.

“Kalau MK memutuskan sebaliknya, ada perpanjangan (masa jabatan). Barangkali kita tidak diskusi di ruangan ini, hari ini, atau diskusi kita mungkin berubah,” kata Anies di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Maret 2023.

Anies hadir dalam rangka penguatan dukungan Partai Demokrat terhadap dirinya untuk maju di Pilpres 2024. Anies didukung tiga partai, yakni Partai NasDem, PKS dan Demokrat.

Baca Juga: Jokowi Soal Rafael Alun dan Eko Darmanto: Perilakunya Jumawa, Pamer Kekayaan, Hedonis, Bersihkan!

Anies mengapresiasi keputusan MK ini. Ia menyebut rangkaian tahapan Pemilu tetap berjalan sesuai rencana bersama.

Ia juga berharap MK senantiasa mengambil langkah-langkah perlindungan demokrasi. Demokrasi tidak akan berjalan dengan baik tanpa perlindungan.

“Karena itu kita juga menunggu keputusan MK berikutnya yang harapannya sistem proporsional terbuka tetap dijaga, sehingga demokrasi sesuai dengan harapan rakyat dan proses pemilihan tidak mencederai prinsip demokrasi,” terang Anies.

Baca Juga: Mino WINNER Akan Segera Wamil, YG Entertainment Beberkan Tanggalnya di Akhir Maret

Seperti diketahui, MK sedang menguji  Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Mayoritas fraksi di DPR mendorong MK tetap mempertahankan Pemilu 2024 digelar dengan sistem proporsional terbuka alias coblos calon anggota legislatif.

Sementara Fraksi PDIP menginginkan sebaliknya, proporsional tertutup atau coblos partai. PDIP menilai sistem terbuka ini lebih banyak mudarat ketimbang tertutup.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat