bdadinfo.com

27 Negara Mulai Puasa Ramadhan pada Kamis 23 April, Ini Daftarnya - News

Negara yang tentukan awal Ramadhan

- Negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi hampir pasti mengawali awal Ramadhan 1444 Hijirah pada Kamis 23 Maret 2022.

Penentuan awal Ramadhan ini berdasarkan kalender Islam berbasis bulan, tanggal awal dan akhir Ramadan bergantung pada visibilitas bulan sabit.

Visibilitas bulan sabit, yang menyebabkan tanggal puasa Ramadhan bergeser setiap tahun dan bisa berbeda di berbagai negara.

Baca Juga: Jelang MotoGP 2023, Fabio Quartararo Ungkap Tak Sabar Ingin Duel dengan Francesco Bagnaia: Hal Itu Akan Datang

Bulan sabit Ramadhan diamati menggunakan kamera di observatorium berteknologi tinggi. Oleh karena itu, hari ini adalah hari terakhir bulan Syaban 1444 Hijriah.

Di Indonesia sendiri, ormas Islam Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

Penetapan awal Ramadhan ini berdasarkan Maklumat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.)/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 Hijriah.

Sedangkan bagi Kementerian Agama (Kemenag) menentukan awal puasa Ramadhan melalui pelaksanaan rukyatul hilal yang dilakukan di sejumlah titik pengamatan pada sore ini, 22 Maret 2023 pukul 15.00 WIB.

Dari hasil pengamatan tersebut, Kemenag bersama sejumlah perwakilan ormas Islam lain akan memutuskan kapan 1 Ramadan 1444 H dimulai.

Selain Arab Saudi, berikut daftar negara-negara yang telah mengumumkan hari pertama bulan Ramadhan pada Kamis 23 Maret 2023 dikutip dari SINDOnews.com.

Baca Juga: Kode Mahfud MD Tak Takut Binatang Buas, Maknanya Dalam Otak Bisa Traveling Nih

1. Arab Saudi


2. Australia


3. Bahrain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat