bdadinfo.com

Ternyata Ayah Puan Maharani Warga Sikumbang dari Sumbar, Punya Gelar Datuk Basa Batuah, Ini Artinya - News

Ternyata Ayah Puan, Taufik Kiemas keturunan warga Sikumbang Tanah Datar,Pernah Diberi Gelar Datuk Basa Batuah/Pinterpolitik.com


- Taufiq Kiemas, ayah dari Puan Maharani ternyata memiliki darah Minang, tepatnya warga Sikumbang Tanah Datar, Sumatera Barat dari garis ibunya.

Bukan hanya itu, mendiang suami dari Megawati ini pernah diberi gelar Datuk Basa Batuah dan Megawati sendiri diberi gelar Puti Reno Nilam di Istana Pagaruyung Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pada tahun 2003.

Alasan Taufik mendapatkan gelar yang telah 100 tahun tak seorang pun yang menyandangnya saat itu karena dia keturunan warga Sikumbang di Tanah Datar dari garis ibu.

Baca Juga: Oalah! Puan Maharani Ternyata Berdarah Minang, Ayahnya Warga Sikumbang Sumbar, Ini Jejaknya

Karena dalam pemberian gelar ini menurut adat Minangkabau memiliki arti mengangkat batang yang terendam atau menyambung kembali mata rantai yang terputus.

Maka kedudukan Taufik Kiemas setelah diberi gelar Datuk Basa Batuah ia telah menjadi penghulu Kaum Sikumbang, Nagari Sabu, Tanah Datar.

Hal ini sempat diakui oleh Puan Maharani yang pernah mengunggah foto di akun Twitternya saat berkunjung ke kampung halaman mendiang sang ayah.

Baca Juga: 5 Tahun Jadi Pejabat, Begini Isi Garasi Mewah Puan Maharani

Puan pun mendapatkan kain songket khas Minangkabau saat mengunjungi rumah gadang datuak kayo di Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar.

"Almarhum Papa, H. Taufiq Kiemas, memiliki keturunan warga Sikumbang di Tanah Datar dari garis ibu. Datang ke Tanah Minang rasanya seperti pulang kampung, semoga saya bisa berkunjung lagi secepatnya." cuitannya pada 31 Oktober 2022 lalu.

"Kain songket cantik khas Minangkabau ini saya terima 5 tahun lalu ketika mengunjungi rumah gadang Datuak Kayo di Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat," lanjut cuitannya.

Baca Juga: Dinilai Cocok Duet Dengan Puan Maharani di Pemilu 2024, Rizal Ramli : Kita Punya Kedekatan Emosional

Sebagai informasi Taufik Kiemas merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya, selama ia masih menjadi mahasiswa, dirinya aktif dalam Gerakan Mahsiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Berawal dari GMNI lah Taufik memulai karier politiknya dan tergabung bersama Partai Demokrasi Indonesia (PDI) yang didirikan oleh sang istri, yakni Megawati Sukarnoputri. Sejak itulah namanya dikenal dan akrab dengan dunia politik di Tanah Air. (*)

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat