bdadinfo.com

Bebas Mata Minus Tanpa Operasi dengan Terapi Ortho-K - News

Bebas Mata Minus Tanpa Operasi dengan Terapi Ortho-K

- Tingginya penderita mata minus di dunia membuat ahli kesehatan mencari cara agar dapat mengembalikan penglihatan menjadi lebih baik. Salah satunya dengan menggunakan metode terapi mata minus. Metode perawatan ini efektif mengembali penglihatan tanpa harus menjalani operasi.

Penggunaan terapi juga menurunkan resiko bahaya sehingga membuat penderita lebih nyaman. Proses  terapi akan membantu untuk mengambalikan fungsi kornea sehingga penderita miopi (mata minus) tidak perlu lagi menggunakan kacamata.

Terlebih banyak penderita mata minus yang merasa bahwa kacamata sudah cukup untuk mengatasi gangguan. Padahal penggunaan kacamata tidak membantu proses penyembuhan, namun hanya membantu penglihatan menjadi lebih jelas.

Menggunakan kacamata juga tidak menghambat resiko minus semakin tinggi. Jadi, tidak ada salahnya mencoba terapi mata minus agar penglihatan bisa kembali normal.

Mengenal Terapi Mata Minus

Terapi mata minus merupakan perawatan tanpa melalui prosedur operasi. Proses perawatan dilakukan secara berkelanjutan yaitu dengan memberikan lensa khusus yang wajib digunakan saat tidur. Fungsi lensa tersebut adalah untuk mengoreksi penglihatan yang tidak jelas.

Lensa khusus orthokeratology atau ortho-k tidak hanya membantu mengembalikan kondisi mata minus. Namun, juga dapat mengatasi gangguan astigmatisme, hiperopi, dan juga prebiopi.

Tidak perlu khawatir dengan keamanan lensa karena sudah melalui prosedur yang terjamin aman. Lensa kontak bersifat permeabel gas yang desainnya mengikuti kelengkungan mata. Proses pembuatannnya dilakukan dengan detail dan sesuai dengan kondisi topografi kornea.

Tentunya penggunaan lensa ortho-k harus diawasi langsung oleh ahli yang profesional di bidang vision therapy. Ahli di bidang vision therapy dapat mengamati bentuk topografi mata masing-masing penderita. Kemudian membuat lensa khusus sesuai topografi tersebut.

Penggunaan lensa tersebut saat tidur dapat membantu mengembalikan posisi kornea. Misalnya pada penderita mata minus, bentuk kornea mengalami perubah menjadi melengkung. Dalam hal ini ortho-k berguna untuk memperbaiki lengkungannya.

Cara menggunakannya ada saat waktu tidur sesuai dengan jangka waktu yang disarankan. Kemudian saat bangun lensa tersebut dapat dilepaskan dan penglihatan menjadi lebih baik. Dengan begitu tidak perlu bantuan kacamata lagi untuk beraktivitas harian.

Penggunaan lensa ortho-k tentunya harus di dampingi langsung oleh ahlinya. Di Indonesia ada terapi bebas mata minus tanpa operasi menggunakan prosedur ortho-k ini. Perawatannya dilakukan langsung oleh ahli dan pemeriksaan mata sangat lengkap.

Manfaat Terapi Mata Minus dengan Ortho-K

Terapi mata minus dengan menggunakan lensa khusus ortho-k tidak hanya membantu penglihatan menjadi lebih baik. Namun juga memberikan manfaat jangka panjang, diantaranya sebagai berikut.

  1. Penglihatan Kembali Normal

Terapi mata minus dengan ortho-k memberikan manfaat untuk berbagai masalah penglihatan. Tidak hanya mengatasi mata minus, namun kondisi penglihatan lain seperti astigmatisma dan lainnya juga bisa dibantu dengan terapi ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat