bdadinfo.com

Sistem Oneway akan Diberlakukan pada Puncak Arus Mudik Lebaran 2023, Begini kata Polri - News

Sistem Oneway akan Diberlakukan pada Puncak Arus Mudik Lebaran 2023, Begini kata Humas Polri/ Polri


- Polri telah memprediksi puncak arus mudik lebaran 2023 akan terjadi pada 19 hingga 21 April 2023.

Maka, Polri akan memberlakukan sistem oneway atau satu arah saat puncak arus mudik lebaran 2023. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho.

Ia menjelaskan dengan mengaktifkan sistem oneway dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan pada arus balik. yang diprediksi akan terjadi dua kali yakni pada 24 April sampai 25 April 2023 atau H+2 dan H+3 lebaran, dan 29 April hingga 1 Mei 2023.

Baca Juga: Resep Pandan Cake Ala Chef Renatta, Cocok Dijadikan Hidangan Kumpul Bersama Teman dan Keluarga saat Ramadhan

"Kami pihak kepolisian akan memberlakukan sistem oneway pada tanggal 18 April mulai dari KM 72 hingga KM 414. Karena puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 dan H-1," katanya dilansir dari Okezone pada 2 Maret 2023.

"Nanti juga akan diberlakukan sistem oneway untuk arus balik, mulai dari KM 414 hingga KM 72," tambah jenderal bintang dua tersebut.

Titik-titik jalur tol yang akan terjadi lonjakan mudik lebaran 2023 telah ditentukan oleh kepolisian yakni jalur Tol Trans Jawa. Adapun, titik rawan kemacetan di jalur Tol Trans Jawa terdapat di Tol Cipali.

Baca Juga: Resep Simpel Buka Puasa Anti Gagal, Tempe Goreng Saus Lada Hitam ala Chef Idola Kaum Hawa

Lalu juga pada rest area Sumatera dan Jawa. Menurutnya, untuk di jalur Sumatera, ada beberapa titik kemacetan di antaranya di Indralaya-Palembang. Sementara untuk rest area jalur Jawa berada di Tol Cipali.

"Sementara untuk di Pelabuhan Merak dari pengalaman tahun lalu, angkutan lebaran sempat terjadi kepadatan," ujarnya.

Jalur arteri di Jawa juga menjadi perhatian Polri, karena menurutnya jalur utama yang digunakan roda dua dan alternatif roda empat juga berpotensi terjadinya kepadatan.

Baca Juga: Intip 3 Rahasia Agar WhatsApp Terlihat Offline Padahal Tidak, Cocok Buat yang Mager Bales Chat

"Bila terjadinya kemacetan, kita akan mengurai kemacetan dengan melakukan rekayasa lalu-lintas yakni contraflow, oneway dan juga ganjil-genap," ucapnya.

Sandy menginformasikan Operasi Ketupat Idul Fitri 2023, Polri akan menurunkan 148.211 personil.

Pelibatan kekuatan baik dari Mabes Polri sebanyak 1.240 personel, Polda 91.153 personel dan intansi terkait sebanyak 55.818 personel.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat