bdadinfo.com

Eks Komisioner KPK Turun Gunung Tuding Firli Bahuri Lakukan Pelangaran Etik dan Pidana - News

Eks Komisioner KPK unjuk rasa tuntuk Firli Bahuri dicipot (Youtube@KompasTv)

- Sekelompok massa aksi yang didalamnya terdapat eks komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun gunung mengikuti unjuk rasa di depan gedung KPK pada Senin, 10 April 2023.

Adapun eks komisioner yang tampak dalam aksi tersebut, adalah Abraham Samad yang merupakan mantan wakil ketua KPK, serta Saut Sitomorang mantan anggota komisioner KPK.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, mantan komisioner KPK itu meminta Dewan Pengawas untuk menindak tegas pelanggaran yang telah dilakukan oleh Firli Bahuri, Ketua Komisioner KPK saat ini.

“Kita ingin menegaskan bahwa hari ini kita ingin mengajukan melaporkan saudara Firli Bahuri kepada dewan pengawas terhadap pelanggaran etik dan pelanggaran perilaku yang dilakukan oleh saudara Firli,” ucap Abraham Samad, saat melakukan orasi di depan gedung KPK.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Besok 11 April 2023, Waspada Hujan Petir di Jakarta Selatan

Baca Juga: Bak Bidadari, Pesona Keponakan Ida Dayak Bikin Hati Lumer, Ini Agama dan Profilnya

Adapun pelanggaran etika yang dimaksud oleh Abraham Samad berupa serangkaian perilaku pembocoan dokumen penting terkait penyelidikan kasus tukin di Kementerian ESDM yang viral beberapa hari belakang.

Menurutnya tindakan tersebut merupakan tindakan yang tidak bisa ditolerir. Sebab upaya pembocoran yang dilakukan tersebut sudah termasuk pelanggaran pidana.

Abraham Samad beserta massa lainnya pun menegaskan, bahwa mereka juga akan melaporkan Firli Bahuri ke aparat penegak hukum karena telah melakukan pelanggaran hukum.

“Oleh karena itu, Firli seyogyanya diperiksa sesegera mungkin oleh dewan pengawas. Kita memimtan dewan pengawas untuk objektif tidak seperti di masa lalu, ketika memeriksa saudara Firli ada kecenderungan tidak memberikan sanksi yang tegas,” sebutnya.

Sikap tidak tegas atas sanksi yang diberikan kepada Ketua KPK di masa lulu itu kemudian menyebabkan Firli melakukan perbuatan-perbuatan yang berulang dan terus menerus.

Baca Juga: Ditanya Kemungkinan Kembali ke F1 pada 2024, Begini Jawaban Sebastian Vettel

Baca Juga: 5 Drama Korea Tema Marriage Life, Nomor 2 Pura-pura Nikah Sama Teman SMA

Terkait dengan pelanggaran yang dilakukan Firli saat ini, Abraham Samad beserta massa aksinya yang juga diikuti Denny Indrayana beserata aktivis dan mahasiswa, meminta dewan pengawas untuk mencopot Firli Bahuri dari jabatanya.

“Oleh karena itu, kita mendorong kali ini dewan pengawas lebih objektif sesegera mungkin memeriksa dan menjatuhkan sanksi pencopotan atau pemberhentian secara tidak hormat karena telah melakukan pelanggaran etika dan pelanggaran pidana,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat