bdadinfo.com

Bagaimana Cara Bayar Zakat Fitrah Online Lewat Baznas? Berikut Ulasannya - News

Cara Membayar Zakat Fitrah Online Lewat Baznas

- Berikut cara membayar zakat fitrah online lewat Baznas yang wajib untuk diketahui.

Sekedar untuk diketahui Baznas bertugas dan berfungsi untuk menghimpun menyalurkan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

Kemudian zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap Muslim, termasuk pria dan wanita, yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Baca Juga: Kisah Haru Tukang Ojek di Alahan Panjang Cari Nafkah, Mendadak Dapat Bantuan Bedah Rumah

Dilansir yang dikutip dari www.celebrities.id akan membagikan cara membayar zakat fitrah online lewat Baznas.

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha kurma atau satu sha gandum atas umat Muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau SAW memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk sholat." (HR. Bukhari Muslim).

Selain bertujuan menyucikan diri, zakat fitrah juga dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu, membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari Idul Fitri.

Berikut cara Membayar zakat fitrah online lewat Baznas:

1. Pertama, masuk ke website baznas.go.id/zakatfitrahbaznas

2. Setelah itu, Anda bisa atur berapa jumlah jiwa yang akan dibayarkan zakat fitrahnya. Jika satu orang, maka pilih '1 jiwa' yang secara otomatis akan mengatur nominal Rp45.000.

3. Scroll lagi ke bawah dan Anda akan diminta mengisi data diri seperti nama lengkap, bapak atau ibu, nomor handphone, dan email.

Baca Juga: Berapa Liter Beras atau Jumlah Uang Bayar Zakat Fitrah di Tahun 2023? Berikut Ulasannya

4. Jika sudah, jangan lupa klik kolom kecil di bagian bawah sebelum memencet tombol hijau bertuliskan 'Pilih Pembayaran'.

5. Kalau sudah klik 'Pilih Pembayaran', Anda akan dibawa ke laman berikutnya yang berisi Metode Pembayaran. Ada 7 jenis metode pembayaran 'online payment', mulai dari Go Pay, OVO, ShopeePay, Link Aja, Link Aja Syariah, Dana, dan Jenius Pay.

Namun, saat tim celebrities.id mencoba layanan ini, 2 metode tidak bisa diakses yaitu Dana dan Jenius Pay. Jadi, masih ada 5 metode lain yang bisa dipakai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat