bdadinfo.com

Jangan Sampai Telat Ganti Oli! Ini 5 Efek Buruk yang Bisa Merugikan Kendaraan - News

Ilustrasi Mengganti Oli Mobil (freepik/aleksandarlittlewolf)

- Kendaraan baik itu mobil atau motor, membutuhkan perawatan yang baik dan teratur untuk menjaga performa dan umur panjangnya, terutama oli mesin.

Namun sayangnya, masih banyak pengemudi yang mengabaikan hal ini dan menunda-nunda pergantian oli mesin. Padahal, telat ganti oli bisa berakibat buruk pada kendaraan.

Oleh karena itu, sebagai pengemudi kendaraan, penting untuk memahami efek negatif dari telat ganti oli mesin dan melakukan pergantian secara teratur sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan.

Baca Juga: Mengenal Cartoon Network Universe: Fusionfall, Game MMORPG Fenomenal dari Cartoon Network

Dilansir dari gridoto, Berikut ini adalah beberapa efek negatif dari telat ganti oli:

1. Kerusakan mesin

Oli mesin berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan mesin. Jika oli sudah terlalu kotor atau sudah habis, maka mesin akan mengalami gesekan yang berlebihan dan suhu mesin akan meningkat.

Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada mesin, seperti ausnya bagian-bagian mesin dan kerusakan pada piston dan silinder.

Baca Juga: Aksi Unik Pemudik Saat Arus Mudik Lebaran 2023, Mudik Senang Pulang Bawa Investasi Cuan

2. Konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi

Mesin yang tidak dilumasi dengan baik akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga, sehingga konsumsi bahan bakar akan meningkat. Hal ini akan berdampak pada biaya operasional kendaraan yang lebih tinggi.

3. Berkurangnya performa kendaraan

Mesin yang kotor atau tidak terlumasi dengan baik akan berdampak pada performa kendaraan yang menurun. Kendaraan akan terasa lebih lambat dan tidak responsif.

Baca Juga: Fahri Hamzah Tuntut KPU dan Bawaslu Bertanggung Jawab Atas Kekacauan Jadwal Pemilu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat