bdadinfo.com

Hari Ini 4 Juni 2023 Perayaan Tri Suci Waisak, Berikut Sejarah, Makna, dan Alasan Diperingati - News

Hari Tri Suci Waisak hari ini 4 juni 2023. (Pexels/David Bartus)

- Hari Tri Suci Waisak merupakan Perayaan sangat penting dalam Agama Buddha. Bahkan, pemerintah Indonesia pun menetapkan Hari Tri Suci Waisak sebagai hari libur nasional.

Pada tahun 2023 ini, perayaan Hari Tri Suci Waisak diperingati pada Minggu, 4 Juni 2023. Dikutip dari Kemenag RI, Hari Waisak, juga dikenal sebagai Vesak atau Buddha Purnima.

Hari Waisak merupakan perayaan yang dirayakan oleh umat Buddha di seluruh dunia untuk memperingati kelahiran, pencerahan, dan parinirvana (kematian) Siddhartha Gautama, pendiri agama Buddha.

Kata "Waisak" berasal dari kata dalam bahasa Sanskerta "Vaisakha", yang merupakan nama bulan kedua dalam penanggalan Hindu dan Buddha.

Baca Juga: Menelusuri Asal-Usul Sumatera Barat, Sejarah Minangkabau hingga Kemerdekaan RI

Baca Juga: Menko PMK Usul Pendamping Jemaah Haji Lansia Diberikan Insentif, Kemenag Melarangnya, Ternyata ini Alasannya

Baca Juga: Bersyukur Menjadi Cucu Bung Karno, Puan Maharani Ungkap Beberapa Hal Berikut

Perayaan Hari Waisak memiliki akar dalam tradisi dan sejarah agama Buddha.

Siddhartha Gautama, yang kemudian dikenal sebagai Buddha, dilahirkan pada hari Waisak purnama di kota Lumbini, Nepal, pada abad ke-6 SM.

Ia tumbuh menjadi seorang pangeran kerajaan yang kemudian meninggalkan kehidupan duniawi dan mencari jalan menuju pencerahan.

Setelah berbagai upaya meditasi dan pengajaran, pada usia 35 tahun, Gautama mencapai pencerahan di bawah pohon Bodhi di Bodh Gaya, India.

Setelah mencapai pencerahan, Buddha menghabiskan sisa hidupnya untuk mengajar ajaran-ajaran yang kemudian dikenal sebagai Dharma.

Dalam perayaan Hari Waisak, umat Buddha mengingat ajaran dan pencapaian Buddha Siddhartha Gautama.

Acara-acara perayaan yang umum dilakukan meliputi persembahyangan, meditasi, ceramah agama, penghormatan kepada Buddha, pembacaan sutra, serta kegiatan amal dan kebaktian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat