bdadinfo.com

Oli Sepeda Motor Paling Banyak Dipalsukan, Ini Cara Bedakan Pelumas Asli dengan Abal-abal - News

pelumas kendaraan  (Pixabay)

- Tingginya populasi sepeda motor di Indonesia kerap dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk memalsukan sebuah produk. Salah satu yang paling banyak dipalsukan adalah oli sepeda motor.

Sehingga untuk melakukan penggantian pelumas atau oli sepeda motor dibutuhkan kehati-hatian. Jangan sampai dalam melakukan perawatan rutin ganti oli ini melibatkan produk palsu.

Ada beberapa cara untuk membedakan produk pelumas sepeda motor yang dibeli adalah asli atau palsu.

Baca Juga: Kerap Diabaikan, Ini Fungsi Dipstick yang Dicelupkan untuk Cek Oli Mesin

Hasril Arsyad selaku Federal Oil Marketing General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia memaparkan cara pengecekan produk oli atau pelumas sepeda motor asli. Akan tetapi pemaparannya bisa menjadi panduan umum cara memilih pelumas kendaraan.

"Bisa dilihat dari kemasannya. Untuk produk kami tertera QR di bagian belakang botol. Ciri lainnya ada kode di atas tutup botol. Di kemasan baru kami terdapat motif batik," jelas Hasril Arsyad dilansir Suara.com.

Jadi dengan kata lain, perhatikan kekhasan kemasan produk yang akan dibeli. Biasanya berciri khusus yang mudah dibedakan dengan produk lain.

Baca Juga: Ingat! Meski Jarang Dipakai, Oli Mesin Tetap Harus Diganti Lho

Temasuk warna corporate atau warna produk yang biasanya langsung bisa dikenali konsumen. Antara lain untuk produk Federal Oil berwarna biru.

Kemudian ada pula label kemasan yang hanya bisa terdeteksi oleh internal.

"Namun untuk konsumen cukup scan saja untuk mengetahui oli ini asli atau palsu. Nanti bisa terlihat apakah oli tersebut asli dan terverifikasi," terangnya.

Selain kemasan, Hasril Arsyad juga menyarankan agar konsumentidak tertipu dari segi harga. Bila harganya terlampau murah patut dicurigai.

Kejadian seperti ini biasanya banyak terjadi saat melakukan pembelian online. Federal Oil sendiri sudah mengantisipasi produk palsu yang beredar di pasar online dengan menghadirkan official store resmi.

"Jadi bila ingin membeli produk secara online langsung saja ke store resmi kami," tandas Hasril Arsyad.

Terakhir bila kemasan masih bisa mengecoh, perhatikan warna oli saat hendak dituang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat