bdadinfo.com

Difasilitasi Kemensos, Akhirnya Korban Gempa Cianjur Punya KTP Lagi - News

Kemensos dan Dukcapil Cianjur Layani Warga yang Terdampak Gempa dalam Pembuatan Identitas Kependudukan

 – Kerusakan dan hilangnya dokumen kependudukan bagi penyintas gempa Cianjur mengharuskan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk memfasilitasi layanan ini.

Kemensos yang dibantu dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur memastikan warga penyintas gempa bumi memiliki Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kembali.

Baca Juga: Begini Penampakan Rumah Tahan Gempa Cianjur

“Yang sebelumnya sudah ada tapi karena gempa kebanyakan rusak bahkan hilang, maka penting dilakukan cetak ulang. Ada juga perekaman baru bagi yang belum memiliki KTP,” kata Kepala Sentra Terpadu Pangudi Luhur, I Ketut Supena, penanggung jawab posko pengungsian Lapangan Cariu, melalui keterangan tertulisnya pada Senin, 5 Desember 2022.

Fasilitas dokumen kependudukan atau administrasi penduduk oleh disdukcapil berlangsung selama empat hari yang digelar mulai Sabtu, 3 Desember 2022 hingga Selasa, 6 Desember 2022 hari ini.

Baca Juga: Kembali ke Cianjur, Jokowi Pastikan Rekonstruksi Dimulai dan Bantuan Tepat Sasaran

Layanan ini diselenggarakan di posko pengungsian Lapangan Cariu Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Berdasarkan jumlah identitas yang terdata, per Senin, 5 Desember 2022 sebanyak 286 keluarga melakukan cetak ulang KK, 478 orang cetak ulang KTP, dan 91 orang cetak KTP baru.

“Kita pastikan mereka mendapatkan hak dasarnya untuk kembali memiliki identitas kependudukan,” kata Ketut.

Salah satu penyintas juga menyampaikan atas terbantunya layanan identitas ini.

“Layanan ini sangat membantu karena identitas itu penting. Kalau kita datang ke kantor Dukcapil jauh, makan waktu satu jam. Jadi bermanfaat sekali layanan ini dibangun di pengungsian," kata Lilis, warga penyintas gempa Cianjur. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat