bdadinfo.com

Pengusaha Batu Bara Low Tuck Kwong Resmi Jadi Orang Terkaya di Indonesia - News

Pengusaha batu bara, Low Tuck Kwong jadi orang terkaya di Indonesia (Foto Forbes.com)

Jakarta, - Pengusaha batu bara Low Tuck Kwong jadi orang terkaya nomor satu di Indonesia versi Forbes.

Berdasarkan data Forbes real time billionaires, Jakarta, Selasa (27/12/2022), harta kekayaan Low Tuck Kwong melonjak USD458 juta menjadi USD25,7 miliar atau setara Rp398,3 triliun (kurs Rp15.500 per USD).

Jumlah ini mengalahkan kekayaan Robert Budi dan Michael Bambang Hartono masing-masing tercatat sebesar US$ 22,1 miliar dan US$ 21,3 miliar.

Baca Juga: Jelang Hari Ibu, Ayo Kenal Lebih Dekat dengan Dewi Kam, Perempuan Indonesia Terkaya Versi Forbes 2022

Ia merupakan pendiri dan pemegang saham Bayan Resources Tbk (BYAN), sebuah perusahaan pertambangan batu bara di Indonesia.

Usut punya usut Kekayaan Low Tuck Kwong melesat tajam didukung melonjaknya saham Bayan Resources (BYAN) miliknya karena naiknya harga batu bara di tengah krisis energi global.

Low Tuck Kwong lahir di Singapura pada tanggal 17 April 1948. Ia kemudian bekerja di perusahaan konstruksi milik ayahnya, yakni David Low Yi Ngo.

Pada tahun 1972, ia memutuskan untuk pindah ke Indonesia, dan pada tahun 1973, ia mendirikan PT Jaya Sumpiles Indonesia (JSI) yang bergerak di bidang konstruksi.

Baca Juga: Terbaru, Berikut Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2022 Versi Majalah Forbes

 JSI kemudian menjadi pelopor konstruksi pondasi tumpuk (pile foundation) yang kompleks. Pada tahun 1988, JSI berekspansi ke bisnis penambangan batubara dan menjadi kontraktor tambang terkemuka.

Pada tahun 1992, ia berganti kewarganegaraan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pada tahun 1997, ia membeli tambang batubara pertamanya melalui PT Gunungbayan Pratamacoal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat