bdadinfo.com

BSU Sudah Cair? Segera Cek Rekening atau Bisa Melalui Beberapa Link Berikut - News

Ilustrasi Uang (Pixabay.com/EkoAnug)

– Adanya pengumuman mengenai dana bantuan Subsidi Upah (BSU) yang akan cair lagi bulan Januari ini, untuk itu sebaiknya para perkerja mempersiapkan diri untuk segera mengambil dana tahun 2023 dengan nominal Rp600 ribu tersebut.

Bantuan ini merupakan bantuan yang diberikan pemerintah bagi pekerja/buruh berupa uang tunai dengan besaran nominal seperti yang tertulis pada paragraf sebelumnya. Kemudian akan diberikan dalam 1 tahap untuk memenuhi kebutuhan hidup sebagai akibat kenaikan harga.

Baca Juga: Jokowi Titip Pesan Ini Jelang Laga Indonesia vs Vietnam

Berikut cara yang dapat diketahui apakah kamu masuk dalam kategori calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau tidak.

Berdasarkan Permenaker Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh, periksa dulu syarat yang harus dipenui oleh pekerja yang dapat menerima BSU.

  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan.
  2. Peserta Aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan 30 Juli 2022 kategori Pekerja Penerima Upah (PU).
  3. Menerima Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp3.500.000,00 (tiga juta lima ratus ribu Rupiah) per bulan atau upah dibawah upah minimum. Dalam hal wilayah tidak menetapkan upah minimum kabupaten/kota maka persyaratan Gaji/Upah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2) huruf c menjadi paling banyak sebesar upah minimum provinsi dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.
  4. Pekerja bukan penerima program kartu prakerja, keluarga harapan, bantuan produktif usaha mikro
  5. Bukan merupakan pegawai negeri sipil atau TNI/Polri

Baca Juga: Mengenang Sosok Sipon dan Wiji Thukul dalam Film Biopik Istirahatlah Kata-Kata

Apabila para pekerja memenuhi persyaratan di atas maka dana BSU bisa dicarikan melalui rekening bank Himpunan Bank Milik Negara (Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (BSI).

Alternatif bagi para penerima yang tidak memiliki nomor rekening bank maka dapat mengeceknya melalui link resmi. Berikut link resmi mengenai pengecekan dana penyaluran dana BSU, link ini akan memberikan informasi jelas mengenai status pencairan dan penyaluran dana BSU 2023.

Baca Juga: Tak Hanya Soal Indonesia vs Vietnam, Ternyata Rivalitas Dua Pelatih Asal Korea Ini Juga Memanas

  1. Kemnaker di website kemnaker.go.id
  2. BPJS Ketenagakerjaan di bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id
  3. Aplikasi SIAP kerja.
  4. Aplikasi PosPay.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat