bdadinfo.com

Asal usul Penyebab Terjadi Gempa Bumi yang Banyak Belum Diketahui Orang - News

Ilustrasi gempa (Pexel)

 

 – Beberapa waktu lalu telah terjadi gempa bumi di daerah banten dan terasa hingga depok dan sekitarnya. Dan bencana alam ini sedang terjadi jdi Turki juga.

Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui asal usul terjadinya bencana gempa, yang menggetarkan Bumi. Nah berikut penjelasannya.

Kebanyakan bencana alam seperti gempa Bumi ini dikarenakan lempengan yang bergerak sehingga melepaskan energi yang dihasilkan oleh tekanan.

Semakin lama tekanan tersebut maka akan membesar dan akhirnya tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan sehingga terjadinya gempa Bumi.

 Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Gempa Bumi yang Berpotensi Menimbulkan Tsunami, Simak Penjelasannya

Pergeseran lempeng bisa menimbulkan dan mengakibatkan gempa bumi, dimana dalam kejadian tersebut dibarengi dengan pelepasan beberapa energi yang besar.

Gerakan lempeng bumi yang saling menjauh antara satu dengan yang sama lain juga bisa menimbulkan gempa bumi. Dari ditu maka akan terbentuk lempeng baru di antara keduanya.

Lempeng baru mempunyai berat yang jauh lebih kecil dari berat jenis yang lama. Sehingga mendapatkan tekanan yang besar dari dua lempeng sebelumnya yang menimbulkan pelepasan energi yang sangat besar.

Baca Juga: Update Gempa M 7,8 Turki-Suriah: Korban Jiwa Mencapai 4.300 Orang

Gerakan lempeng yang saling mendekat juga bisa menimbulkan gempa bumi. Selain itu  berdampak pada terbentuknya gunung. Seperti pada gunung Everest yang terus tumbuh tinggi menjulang.

Bencana alam gempa ini biasanya terjadi di perbatasan lempengan-lempengan Bumi tersebut. 

Dan biasanya bencana alam gempa Bumi paling parah terjadi pada perbatasan lempengan kompresional serta translasional.

Baca Juga: Faktor Penyebab Gempa Bumi Bisa Menjadi Gelombang Tsunami 

Terdapat juga beberapa gempa Bumi lain juga yang disebabkan oleh pergerakan magma di dalam gunung berapi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat