bdadinfo.com

Ribuan Gempa Guncang Jayapura Sejak 2 Januari, Ini Penjelasan BMKG - News

Ada 1.079 Gempa Guncang Jayapura Sejak 2 Januari, Ini Penjelasan BMKG (Instagram @daryonoBMKG)

Gempa magnitudo 5,4 guncang Jayapura, Papua pada Kamis 9 Februari 2023 pukul 13.28 WIB.

Data BMKG sejak 2 Januari 2023 hingga Kamis 9 Februari 2023 pukul 14.25 WIB telah terjadi 1.097 gempa di Kota Jayapura, dengan 132 kejadian di antaranya dirasakan oleh masyarakat.

Sebelumnya pada pukul 14.53 pada 9 Februari 2023 sama, Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG telah memberikan peringatan dirasakan gempa M 2,8 dengan kedalaman 15 km, 3 km di Barat Daya Kota Jayapura.

Baca Juga: Ikuti Jejak Venna Melinda, Verrel Bramasta Resmi Jadi Kader PAN

Baca Juga: Imbas Dugaan Penyalahgunaan Propofol, Begini Nasib 3 Proyek Netflix yang Dibintangi Yoo Ah In

Melalui rilis resmi BMKG yang dikutip pada Kamis 9 Februari 2023, BMKG menjelaskan gempa yang terjadi di Jayapura.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan dari hasil analisis yang dilakukan, gempa bumi memiliki parameter update dengan magnitude 5,2 M terletak pada kordinat 2,50° LS ; 140,70° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

Dalam rilis juga dijelaskan pantauan kondisi air laut normal dan tidak ada anomali.

Baca Juga: Jadwal Matchday 20 Liga Jerman Bundesliga

Menurut BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

Erpisenter merupakan titik pusat gempa pada permukaan bumi, sedangkan hiposener adalah titik pusat gempa yang terjadi didalam bumi.

Dari hasil analisis yang dilakukan, mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Baca Juga: Ada 1.079 Kali Gempa di Jayapura Sejak Januari dan Lindu Terkini Makan Empat Korban Jiwa, Ini Penjelasan BMKG

Gempa paling dirasakan di daerah Kota Jayapura dengan getaran yang dirasakan hampir semua penduduk dan membuat orang terbangun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat