bdadinfo.com

3 Side Event Meriahkan F1 Powerboat Danau Toba, Jangan Lewatkan! - News

Ini dia 3 lokasi side event yang semakin meriahkan acara F1 Powerboat Danau Toba 2023. (kemenpora.go.id)

– Event berskala internasional F1 Powerboat Danau Toba akhirnya akan diselenggarakan esok hari, Jumat, 24 Februari 2023.

Untuk menyambut penyelenggaran event olahraga tingkat dunia itu, sejumlah titik sudah dipersiapkan unruk lokasi side event dari turnamen internasional tersebut.

Pemerintah Daerah (Pemda) menyiapkan sebanyak tiga titik lokasi penyelenggaraan side event F1 Powerboat Danau Toba 2023 untuk mendukung kesuksesan terlaksananya ajang dunia ini.

Baca Juga: Simak! Cara Cek Kendaraan Terkena Tilang ETLE atau Tidak, Jenis Pelanggaran Apa Saja yang Terekam?

Baca Juga: Pengamanan, Medis, Hingga Penerjemah Dikerahkan untuk Sukseskan Ajang F1 Powerboat di Danau Toba

Plt. Kepalda Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo), Kabupaten Toba, Sesmon Butarbutar mengatakan, ketiga lokasi Side Event tersebut berada di Lapangan Mini Soposurung, Pantai Sibolahotang Sas, dan Bundaran D.I. Panjaitan.

“Di Lapangan Mini Soposurung akan berlangsung side event selama tiga hari dengan kapasitas paling besar yakni sekitar tiga ribu orang. Sedangkan di Pantai Sibolahotang Sas dan Bundaran D.I. Panjaitan dapat menampung sekitar seribu lima ratus hingga dua ribu orang,” kata Sesmon dalam keterangannya yang diterima Kamis, 23 Februari 2023.

Dia menerangkan, lokasi tersebut juga akan diisi kegiatan pameran ratusan produk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sekaligus juga nonton bersama. Salah satu produk lokal yang menjadi unggulan adalah kopi.

Baca Juga: H-2 Event F1 Powerboat di Danau Toba, Aspek Medis dan Pengamanan Matang: 20 Kapal Patroli Diturunkan

Baca Juga: Pasca Out Jadi Manager Real Madrid, Zinedine Zidane Muncul di Acara Launching Mobil F1 Tim Alpine

“Pelaku UMKM telah melalui proses assessment. Mayoritas UMKM yang terlibat memiliki produk kuliner dan souvenir. Kemudian, produk unggulan kami ada kopi, stola tenun toba, padi, maupun jagung, karena Toba ini dikenal juga sebagai daerah pertanian dan kopi,” ujar Sesmon.

Kabupaten Toba lanjut dia memiliki beberapa produk kopi yang diunggulkan. Misalnya Mora Kopi dari daerah Ajibata dan juga Kopi Partungkoan, yang sudah pernah dicoba oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sekarang, berdasarkan Indikasi Geografis (IG), Kopi Arabika Toba sudah diakui, bahwa Toba adalah penghasil kopi arabika,” jelas Sesmon.

Sementara itu, untuk produk kuliner, Pemerintah Kabupaten Toba memang terus mendorong para pelaku UMKM memanfaatkan penyelenggaraan F1 Powerboat untuk menonjolkan makanan atau kudapan tradisional khas daerah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat