bdadinfo.com

Dikabarkan Resmi Disuntik Mati, Kisah Jeep Cherokee Stop Produksi Setelah 49 Tahun Mengaspal di Jalanan - News

 Jeep Cherokee Stop Produksi Setelah 49 Tahun Mengaspal di Jalanan. (Jeep USA)

- Jeep Cherokee adalah salah satu mobil ikonik yang ada di dunia. Diproduksi pada tahun 1974 sebagai SUV dua pintu berdasarkan Wagoneer. Cherokee bisa dibilang adalah inspirasi bagi segmen SUV untuk terus berevolusi hingga saat ini.

Pada tahun 1984, Jeep beralih ke platform unibody karena alasan tingkat keamanan yang lebih aman serta desain yang lebih modern. Model tersebut bahkan tercatat laku terjual sebanyak 3 juta unit.

Kesuksesan itu terus berlanjut hingga tahun 2001, bahkan mereka berhasil memperluas pasar dengan memberikan lisensi mereka ke China yang aktif hingga tahun 2014.

Baca Juga: Kabar Buruk dari Kubu Ducati, Enea Bastianini Alami Patah Tulang Belikat Kanan Akibat Terjatuh saat Balapan

Namun sayang seribu sayang, semua kesuksesan tersebut kini hanya tinggal sejarah.

Setelah hampir 50 tahun mengaspal di seluruh dunia, 2023 Cherokee menunjukan angka penjualan yang sangat lesu, yang membuat produksi Cherokee harus berhenti di tahun ini.

Pada tanggal 1 Maret lalu, Stellantis selaku induk perusahaan Jeep resmi mengumumkan bahwa jalur produksi tidak bergerak sama sekali, alias membeku Karena tidak adanya pesanan yang masuk.

Setelah menimbang beberapa keputusan, akhirnya Stellantis terpaksa menghentikan produksi Cherokee, dan akan bernegosiasi dengan buruh yang terlibat terkait masa depan pabrik.

Seorang juru bicara Stellantis mengatakan jika perusahaan masih berkomitmen untuk terus menghadirkan SUV terbaik, tetapi nama Cherokee belum tentu ada dalam jajaran mobil masa depan mereka.

Namun masih belum jelas apakah SUV menengah berikutnya dari Jeep akan kembali menyandang nama Cherokee atau kapan generasi barunya hadir, demikian diwartakan Motor Trend.

Beda nasib dengan model yang lebih besar dari Cherokee, Grand Cherokee.

Jeep Grand Cherokee yang baru saja mendapat facelift tahun lalu, sepertinya bakal dipertahankan Jeep sejalan dengan sistem plug-in hybrid di modelnya dan arah menuju elektrifikasi yang ditargetkan perusahaan.

Meskipun Jeep Grand Cherokee masih diproduksi hingga sekarang, bahkan akan digadang gadang akan berubah menjadi Plug-in Hybrid, banyak sekali yang merasa kecewa dengan keputusan menyuintik mati mobil legendaris yang sudah 49 tahun mengaspal di jalanan seluruh dunia.

Di Indonesia Sendiri, Jeep Cherokee digandrungi oleh orang orang pecinta offroad, ini karena Cherokee tangguh dalam menerjang jalanan yang buruk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat