bdadinfo.com

Ekonomi Kreatif Sebagai Solusi Krisis Ekonomi Pasca Pandemi - News

ilustrasi produk ekonomi kreatif masyarakat.

- Pandemi yang telah berlalu berdampak pada seluruh lapisan masyarakat dan berbagai sektor ekonomi. Pemutusan hubungan kerja serta terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia membuat keluarga, sebagai entitas terkecil, kesulitan untuk bertahan hidup.

Salah satu hal yang ditawarkan sebagai solusi dalam menghadapi krisis ekonomi adalah dengan berwirausaha secara mandiri khususnya berwirausaha di bidang ekonomi kreatif.


Apakah Ekonomi Kreatif itu? Ekonomi Kreatif adalah sebuah konsep yang menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi. Ekonomi Kreatif menjadi era ekonomi baru dimana informasi, pengetahuan dan kreativitas menjadi faktor produksi utama bagi negara. Ini juga sebagai dampak dari struktur perekonomian dunia yang mengalami percepatan transformasi teknologi seiring dengan perubahan pola produksi dan konsumsi. Indonesia dikatakan memiliki kekayaan budaya dan alam berlimpah sebagai inspirasi dalam pengembangan ekonomi kreatif. Kunci utama tercapainya ekonomi kreatif terletak pada kualitas sumber daya manusia, tapi tak terlepas juga dari berbagai faktor pendukung lainnya.

Seiring peningkatan penguasaan IPTEK, sumber daya perlu diselaraskan dengan tuntutan dunia terhadap karya kreatif. Era digital memungkinkan hubungan orang-orang kreatif lintas bangsa dan budaya, kondisi ini akan menciptakan keberagaman kreativitas. Ruang publik juga dapat menjadi wadah berekspresi, merupakan kondisi ideal untuk mengeluarkan segala potensi kreativitas yang patut diakui dan dilindungi oleh negara. Namun kreativitas harus didasari dengan pemahaman akan nilai, agar dapat menyadari sisi positif dan negatif, tidak hanya sekedar berkarya.

Industri kreatif berbasis ide, kreativitas dan pengetahuan, yang bila semakin dieksploitasi atau dieksplorasi maka tidak akan pernah habis, bahkan akan semakin hebat dan akurat. Oleh karena itu, industri kreatif merupakan sumber daya terbarukan untuk menciptakan ekonomi kreatif. Dapat diwujudkan melalui wirausaha, usaha dan produk kreatif yang mengandalkan kemampuan (skill), pengetahuan (knowledge) serta sikap dan perilaku (attitude).

Era globalisasi dan konektivitas mengubah cara bertukar informasi, berdagang, dan konsumsi dari produk-produk budaya dan teknologi dari berbagai tempat di dunia. Dunia menjadi tempat yang sangat dinamis dan kompleks sehingga kreativitas dan pengetahuan menjadi suatu aset yang tak ternilai dalam kompetisi dan pengembangan ekonomi. Kreatifitas memang sangatlah penting dan diperlukan bagi orang yang memiliki jiwa kewirausahaan. Kreatifitas itu jugalah yang menjadi dasar fenomena munculnya konsep Ekonomi Kreatif yang sekarang ini juga marak disosialisasikan, bersamaan dengan pendidikan kewirausahaan pada masyarakat indonesia.

Berdasarkan data Focus Economy Outlook, Tahun 2015 sektor ekonomi kreatif menyumbang Rp 852 triliun untuk Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional atau sebesar 7,3 persen dari PDB nasional. Sektor tersebut juga berkembang dari semula 15 sub sektor pada 2009 menjadi 17 sub sektor sampai tahun 2020. Sumbangan ekonomi kreatif pada PDB juga meningkat dari tahun ke tahun, di mana tahun 2018 mencapai Rp. 1.100 T, tahun 2019 mencapai Rp.1.200 Triliun.

Sementara saat terjadi pandemi virus corona berdampak besar terhadap aspek kehidupan tak terkecuali pada pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Banyak sektor dalam perekonomian terkena imbas akan hal tersebut. Sektor ekonomi kreatif tetap berhasil menyumbang pada produk domestik bruto (PDB) sebesar Rp. 1.100 T. Walaupun mengalami penurunan akibat dampak pandemi virus corona sumbangan ekonomi kreatif terhadap PDB masih tergolong besar tidak mengalami penurunan signifikan terhadap tahun 2019, bahkan sama dengan tahun 2018.

Hal tersebut menandakan bahwa sektor ekonomi kreatif dinilai mampu bertahan dimasa pendemi corona. Situasi dapat bertahan tersebut juga menjadi penguat bahwa ekonomi kreatif mempunyai prospek yang bagus kedepannya, dan diharapkan dapat menjadi solusi bagi krisis ekonomi pasca pandemi. Sementara dalam serapan lapangan kerja sektor ekonomi kreatif jelas sangat bagus sekali. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat