bdadinfo.com

Ragam Pangan Bergizi Jadi Menu Lomba Kreasi Pangan B2SA Kota Medan: Sikat Stunting! - News

Suasana di Lomba Kreasi Pangan B2SA Kota Medan.  (dok. Pemko Medan)

Pemerintah Kota Medan menggelar Lomba Kreasi Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di Gedung serbaguna PKK, Medan Petisah, Selasa, 5 September 2023.

Lomba Kreasi Pangan B2SA ini diikuti 21 Kecamatan se-Kota Medan. Para peserta membuat kreasi pangan bergizi dari bahan utama daun kelor.

Ragam jenis pangan bergizi berjejer di Lomba Kreasi Pangan B2SA Kota Medan yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan bekerja sama dengan TP PKK Medan tersebut.

Baca Juga: Karakteristik dan Letak Geografis Sumatera, Ternyata Daerah Tinggi Ini Menjadikannya Pulau Terunik!

Tak hanya sekedar memamerkan kreasi pangan bergizi, acara Lomba Kreasi Pangan B2SA Kota Medan ini juga dalam rangka menurunkan angka stunting.

Selain itu, Lomba Kreasi Pangan B2SA Kota Medan ini juga menggunakan bahan dasar, yakni daun kelor, dari pangan lokal.

Wali Kota Medan yang diwakili Asisten Ekbang Agus Suriyono mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mensosialisasikan pangan berkualitas bagi Masyarakat.

Baca Juga: Huru-Hara Batas Dearah dengan Basel, Bupati Bateng Siap Lepas Wilayah

Agus juga menjelaskan, pangan lokal Medan banyak yang bisa digunakan sebagai menu makanan berkualitas yang dimaksud.

"Melalui kegiatan ini TP PKK Kecamatan dapat memanfaatkan pangan lokal, sebab pangan lokal kota berlimpah sehingga dapat dimanfaatkan dengan menu olahan pangan yang bervariasi," kata Agus, dilansir dari laman resmi Pemko Medan, Rabu, 6 September 2023.

Harapannya, menu pangan bergizi dan berkualitas ini bisa diterapkan di keluarga. Dengan begitu, kasus stunting pun bisa ditekan.

Baca Juga: Mari Membuat Kalio Baluik, Makanan Rendang khas Solok yang Menggunakan Bahan dari Belut

"Kebutuhan pemenuhan gizi ini akan membantu Pemko Medan dalam menekan angka stunting yang saat ini masih menjadi prioritas penanganan. Dimana angka stunting di Kota Medan per Bulan Pebruari 2023 sudah turun menjadi 298 dari 550 kasus berkat kolaborasi dan penanganan bersama yang dilakukan," jelas Agus.

Ketua TP PKK Kota Medan menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba kreasi pangan B2SA.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat