bdadinfo.com

Mari Membuat Kalio Baluik, Makanan Rendang khas Solok yang Menggunakan Bahan dari Belut - News

Mari Membuat Kalio Baluik, Makanan Rendang khas Solok yang Menggunakan Bahan dari Belut./ Lensalokal

HARIANHALUAN - Solok merupakan salah satu Kota di Sumatera Barat, yang memiliki tempat wisata terbaik dan juga mempunyai pemandangan akan kekayaan alam yang begitu indah untuk dikunjungi.

Tentu saja ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui, salah satunya adalah makanan daerah yang paling layak untuk dicicipi dan dinikmati pada saat mengunjungi Kota Solok dan sekitarnya.

Makanan khas yang satu ini, terbilang unik dan aneh secara bersamaan, karena biasanya kalau kita membuat Rendang, pasti kebanyakan dibuat dengan Daging Sapi dan Daging Ayam.

Baca Juga: OPD Padang Panjang Diingatkan Berhati-Hati Dalam Pendataan dan Pengusulan Nama Penerima Bansos

Tetapi kali ini, ada yang berbeda dari sebelumnya, karena bahan tersebut menggunakan bahan dari daging belut yang sangat jarang dikonsumsi bagi warga Minangkabau dan juga sekitarnya.

Makanan tersebut ialah Kalio Baluik, yang merupakan menu khas dari Solok yang paling jarang didengar oleh beberapa masyarakat sekitar di Sumatera Barat, sehingga jarang sekali mereka ingin menyantap menu yang dibuat menggunakan Daging Belut.

Kalio Baluik berasal bahasa Minangkabau yaitu kalio dan baluik, Kalio merupakan sebutan 'rendang setengah jadi', dan sedangkan baluik artinya 'belut', sehingga bisa disimpulkan bahwa makanan ini ibaratkan seperti Rendang Belut.

Baca Juga: Tips Kesehatan: 10 Tanda dari Kaki Anda tentang Diabetes, Rasakan dan Waspadai!

Menu tersebut Terbuat dari Bumbu-bumbu khas nusantara dan bahan utama Belut, Kalio Baluik sangatlah diminati oleh masyarakat di Solok, dan biasanya mereka memakannya dengan daun mangkokan.

Karena daun tersebut tidak mudah sobek ketika dipakai, sehingga mereka bisa melahap Kalio Baluik dengan menggunakan daun tanpa disobek sama sekali saat menyantap santapan unik khas Solok.

Inilah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Kalio Baluik, makanan khas Solok yang menggunakan Daging Belut, beserta cara membuatnya.

Baca Juga: Asap Kiriman Jambi Masuk Sumbar, Dua Hari Langit Solok Selatan Tak Lagi Biru
Bahan – bahan:

- 300 gram belut yang sudah dibersihkan
- 3 buah kentang.
- 1 gram daun kesambi
- 1 buah kelapa besar yang sudah dijadikan santan kental

Baca Juga: Sampai Diancam, Inilah Alasan Muhaimin Iskandar Terima Pinangan Surya Paloh Jadi Cawapres

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat