bdadinfo.com

4 Kabupaten Punya Produksi Cengkeh Melimpah di Sumatera Barat, Nggak Sangka Juaranya Raso Ka Elok - News

4 Kabupaten punya Produksi cengkeh melimpah di Sumatera Barat yang dirangkum dari data BPS Sumbar tahun 2020.

- Siapa yang tidak mengenal Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Provinsi Sumatra Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatra Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Baca Juga: Riwayatmu Kini Stasiun KA Bukittinggi, Dikenal dengan Nama Stasiun Fort de Kock Sejak Zaman Belanda

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.640.629 jiwa dengan mayoritas beragama Islam.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Baca Juga: Target Akhir Tahun, Pembangunan Tol Bangkinang Koto Kampar Semakin Dekat dan Siap untuk Dilewati

Berikut 4 Kabupaten punya Produksi cengkeh melimpah di Sumatera Barat yang dirangkum dari data BPS Sumbar tahun 2020 yaitu:

1. Kabupaten Tanah Datar

Tanah Datar atau Luhak Nan Tuo merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sumatra Barat, Indonesia.

Yang beribu kota Batusangkar. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 133.600 Ha (1.336 km2) dengan jumlah penduduk 374.431 jiwa pada tahun 2021.

Tanah Datar memiliki 14 kecamatan, 75 nagari, dan 395 jorong. Kabupaten ini merupakan daerah agraris, lebih 70% penduduknya bekerja pada sektor pertanian, baik pertanian tanaman pangan, perkebunan, perikanan, maupun peternakan.

Baca Juga: Uji Kompetensi Bagian A dan B: Usaha dan Pesawat Sederhana, Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 99-103

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat