bdadinfo.com

Waspada Curah Hujan Tinggi di Wilayah Jakarta, Operator Pintu Air Manggarai Berikan Imbauan ke Warga - News

Curah Hujan Tinggi di Wilayah Jakarta, Operator Pintu Air Manggarai Berikan Imbauan ke Warga (smartcity.jakarta.go.id)

 - Cuaca hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah DKI Jakarta mengakibatkan debit sejumlah sungai naik pada Kamis, 23 Februari 2023.

Aliran deras sungai yang meninggi tersebut ditandai dengan sejumlah pintu air di DKI Jakarta mengalami status waspada sehingga membuat warga sekitaran kali menjadi khawatir. 

Dilansir News dari Okezone, Adi Permana selaku Operator Pintu Air Manggarai mengungkapkan bahwa kondisi ketinggian debit air pada Jumat 24 Februari 2023 sedang mengalami penurunan. 

Baca Juga: Jumat Curhat di Masjid Raya Ganting, Kabid Humas Polda Sumbar Ajak Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

Akan tetapi, status ketinggian air masih berada pada siaga 3 atau waspada. Karena diduga penyebab tingginya status air adalah adanya kiriman dari Bendung Katulampa.

Karena di malam sebelumnya, ketinggian air masih berstatus siaga 4 serta adanya hujan lokal.

"Situasi saat ini Pintu Air Manggarai masih siaga 3 dengan ketinggian air 790 cm, sempat mencapai 810 cm, karena hujan lokal tadi pagi yang durasinya cukup lama dan berbarengan adanya kiriman air," ujar Adi, dikutip  dari okezone.com pada 24 Februari 2023.

Kemudian tambahnya, Adi menuturkan bahwa area yang dilewati Kali Ciliwung seperti Kampung Melayu, Pengadegan dan Rawa Jati kemungkinan akan terkena dampak dari Pintu Air Manggarai. 

Baca Juga: Agnes Diduga Pacar Mario Dandy yang Minta Bertemu David: Anak Angkat Keluarga Kata Netizen 

"Itu kalau misalkan di angka 800 cm, kemungkinan ada limpasan air tapi tidak terlalu tinggi juga," imbuh Adi. 

Untuk menghindari terjadinya dampak luapan aliran sungai, lantas Adi memberikan imbauan kepada warga bantaran kali untuk tetap waspada dikala cuaca yang masih tidak menentu dan memungkinkan akan hujan deras. 

Selain itu Adi juga meminta warga untuk mengontrol saluran pembuangan air yang mengarah ke kali. Karena dirinya juga tidak bisa memprediksi kapan terjadinya peningkatan maupun penurunan air sungai. 

"Tapi jika ada hujan lokal yang cukup deras dan durasinya cukup lama, itu kemungkinan masih ada peningkatan ketinggian air. Jika masih hujan namun tidak cukup deras kemungkinan bertahan di ketinggian saat ini, dan kemungkinan juga ada penurunan," jelasnya.

Pengelola dari Pintu Air Manggarai selama ini bekerja sama dengan Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air dan Dinas Lingkungan Hidup. Mereka ditugaskan untuk mengangkut sampah-sampah yang tersangkut di pintu air. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat