bdadinfo.com

Puan Maharani Dianugerahi Dua Gelar Kehormatan Honoris Causa, Bandingkan dengan Megawati - News

Puan Maharani dapat gelar HC (Instagram @puanmaharaniri)

- Di balik sederet isu kontroversinya, Ketua DPR RI Puan Maharani rupanya memiliki gelar kehormatan Honoris Causa (HC) dari dua universitas yang berbeda loh.

Sebelumnya, pemilik nama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi ini mempunyai gelar Sarjana Sosial dari Universitas Indonesia (UI), sebelum akhirnya ia mendapatkan dua gelar Honoris Causa tersebut.

Data yang dihimpun menyebut, Puan Maharani mendapatkan gelar Honoris Causa pertamanya pada tahun 2020.

Baca Juga: Bak 1001 Cara Berkelit Ala Sekda Riau SF Hariyanto, Eh Malah Dibantah Sendiri oleh Anak dan Istrinya

Ketua DPR RI itu mendapat gelar Doktor Kehormatan HC dari Universitas Diponegoro pada 14 Februari 2020 pada bidang 'Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Nasional'. Puan merupakan orang yang ke-13 mendapatkan gelar HC.

Gelar yang didapat Puan Maharani dapat dibuktikan dengan perannya ia dalam berkontribusi signifikan terhadap kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan bangsa, negara, dan umat manusia.

Sebelum menjadi Ketua DPR RI, Puan memang berperan sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) pada era Presiden Jokowi di periode pertama.

Baca Juga: Wadidaw, Puan Maharani Dijuluki Ratu Tanah, Punya 78 Lahan Semuanya Hasil Sendiri, Ini Daftarnya

Puan dinilai memiliki peran besar dalam kebijakan penyusunan beberapa produk hukum seperti UU Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan Indonesia juga produk hukum Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial.

Lalu dua tahun kemudian, Puan kembali mendapat gelar HC kedua pada November 2022 dari Pukyong National University, Busan, Korea Selatan.

Dalam sebuah postingan yang diunggah oleh akun pribadi milik Puan, wanita kelahiran Jakarta, 6 September 1973 itu mengatakan bahwa ia mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa di bidang politik.

"Politik yang bertujuan mewujudkan tatanan yang lebih baik sejatinya menghadirkan kesejahteraan untuk semua," kata Puan, dikutip dari akun @puanmaharaniri pada 24 Maret 2023.

Baca Juga: Ternyata Ayah Puan Maharani Warga Sikumbang dari Sumbar, Punya Gelar Datuk Basa Batuah, Ini Artinya

Berbeda dengan Puan Maharani, Ibundanya yakni Megawati Soekarnoputri rupanya juga memiliki gelar Doktor HC dari beberapa universitas ternama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat