bdadinfo.com

Bupati Solok Tinjau Langsung Lokasi Banjir Bandang di Nagari Surian - News

Bupati Solok Epyardi Asda saat meninjau lokasi banjir bandang di Nagari Surian

- Bupati Solok Epyardi Asda meninjau langsung lokasi banjir bandang di Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Jumat, 24 Maret 2023.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa banjir bandang terjadi di aliran Sungai Limau Hantu, Jorong Ladang Padi, Nagari Surian.

Sungai tersebut melewati Jorong Ladang Padi dan Jorong Dalam Koto. Curah hujan yang tinggi dari Selasa, 21 Maret 2023 siang menyebabkan hulu sungai meluap dan membawa material kayu serta merusak pemukiman maupun lahan pertanian warga.

Baca Juga: Mengaku Sebagai Bupati Solok, Orang Tak Dikenal Coba Kelabui Ombudsman Sumbar

Akibatnya, sebanyak 10 unit rumah warga dilaporkan rusak, termasuk fasilitas umum seperti jembatan dan lahan pertanian.

"Saya turut perihatin kerena bencana banjir bandang ini, mudah mudahan dibalik musibah ini ada berkahnya. Kami Pemerintah Kabupaten Solok bersama dengan Ibu Athari akan melakukan normalisasi sungai  yang nantinya juga akan kita pasang batu rajut," kata Buapati Solok.

Sementara dikatakan Bupati, untuk 4 unit rumah yang rusak berat nantinya akan diperbaiki oleh Athari melalui program bedah rumah.

Baca Juga: Bupati Solok Hadiri Pemusnahan Barang Bukti di Kejaksaan Negeri Solok

"Kita juga Pemkab Solok telah mengirimkan 3 unit excavator untuk membersihkan material material sisa banjir bandang ini. Dan kepada masyarakat korban bencana banjir bandang yang sakit semua pengobatannya gratis, dan kedepannya kita juga Pemerintah akan memberikan BPJS gratis kepada semua masyarakat terdampak," tambah Bupati.

Selain itu, berbagai pihak juga turut menyerahkan bantuan kepada korban terdampak banjir bandang. Baznas menyerahkan bantuan berupa sembako dan kebutuhan sehari-hari sementara PKK Kabupaten Solok menyerahkan bantuan berupa sejumlah uang tunai dan sembako.

Selain Bupati Solok, turut hadir pada peninjauan itu Anggota DPR RI Kominsi V Athari Gauthi Ardi, Ketua TP PKK Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda, Asisten Syahrial, Kepala OPD, Camat Pantai Cermin Acil Fasra Wali Nagari Surian Yusril dan masyarakat setempat. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat