bdadinfo.com

Tanam Padi Bareng Petani di Tuban, Jokowi Imbau Gunakan Pupuk Organik saat Kelangkaan Pupuk Kimia - News

Presiden Jokowi menanam padi bareng petani di Tuban

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Ibu Iriana Jokowi melaksanakan agenda kerja ke Jawa Timur dengan melakukan tanam padi bersama para petani di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Presiden Jokowi dalam kegiatan menanam padi tersebut juga memberikan apresiasi terhadap para petani yang telah menggunakan pupuk organik untuk menggarap lahan seluas 1.000 hektare di kawasan tersebut meski saat ini kondisi pupuk yang sulit.

“Hari ini kita mulai menanam seperti di daerah-daerah yang lain. Setelah panen tidak diberi jeda karena masih ada air banyak, segera ditanam. Dan yang saya senang di sini memakai pupuk organik yang dilakukan oleh Serikat Petani Indonesia, sudah tiga tahun,” kata Presiden Jokowi, keterangan tertulis dikutip Kamis, 6 April 2023.

Baca Juga: Heboh! Surat Edaran dari RT Cengkareng yang Minta THR ke Warga, Begini Isinya

Jokowi menuturkan, penggunaan pupuk organik dapat mengurangi biaya produksi para petani sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap pupuk kimia.

Jokowi juga mengajak para petani lainnya untuk menggunakan pupuk organik sebagai opsi lain dari penggunaan pupuk kimia.

“Ini yang saya kira kalau bisa dikembangkan di daerah yang lain seperti yang dilakukan oleh Serikat Petani Indonesia, ini akan banyak mengurangi cost yang harus dikeluarkan petani dan tidak ketergantungan kepada pupuk-pupuk kimia, tergantung pada industri pupuk kimia, tergantung pada impor bahan baku dari pupuk-pupuk kimia yang sekarang ini terjadi,” ujarnya.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sumbar Jakarta Jabar Hari Ini Jumat 7 April 2023, Awas Angin Kencang Hujan Petir

Jokowi menambahkan, pupuk organik juga sangat baik untuk kesuburan tanah dibandingkan dengan pupuk kimia, sehingga dapat menjaga ekosistem dengan baik sekaligus tetap produktif.

“Memperbaiki lingkungan, ekosistem yang ada di sini menjadi tumbuh kembali. Cacing-cacing mulai banyak, belut mulai banyak, katak mulai banyak, ini kan mulai lagi ekologinya akan terperbaiki kembali,” ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga menginstruksikan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk mengembangkan dan mendorong penggunaan pupuk organik di daerah lain, termasuk pengadaan hewan ternak seperti sapi yang dapat digunakan untuk membuat pupuk organik.

Baca Juga: Tim Indonesia U-20 Dibubarkan! Para Pemain Putus Asa Ingin Jadi Anggota TNI-Polri dan PNS

“Di sini sudah, di daerah yang lain ini nanti tugasnya Kementan untuk mencukupi itu sehingga bisa dipakai untuk membikin pupuk organik,” tandasnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat