bdadinfo.com

Jalani Sidang di NYC, Ed Sheeran Bantah Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Lagu Thinking Out Loud - News

Ed Sheeran. (Instagram/@teddyphotos)

- Penyanyi Ed Sheeran hadir dalam persidangan yang digelar di Pengadilan di kota New York. 

Dia disidangkan terkait perkarkara  atas dugaan pelanggaran hak cipta lagunya yang berjudul Thinking Out Loud.

Ed sheeran dituduh menyalin lagu R&B milik Marvin Gaye yang berjudul Let’s Get It On ke dalam hits single nya Thinking Out Loud.

Baca Juga: Aduh, Ditinggal PPP yang Dukung Ganjar KIB akan Bubar? Begini Jawaban Zulhas dan Lamhot

Gugatan dilayangkan oleh ahli waris sekaligus rekan penulis dan komposer lagu Ed Townsend. Dirinya mengklaim Ed Sheeran secara tidak sah menggunakan progresi harmoni dan elemen melodi dan ritme dari karya milik Marvin Gaye tersebut.

Pertama kali gugatan diketahui terjadi di tahun 2016 dan pada saat tahun 2017, dan kemudian persidangan dibuka pada 24 April 2023.

Dalam argumennya di pengadilan, Ed Sheeran mengungkapkan bahwa Sebagian besar lagu pop bisa dimuat di sebagian besar lagu pop.

"Jika saya melakukan apa yang Anda tuduhkan kepada saya, saya akan sangat bodoh untuk berdiri di atas panggung di depan 20.000 orang dan melakukan itu," katanya dalam kesaksiannya.

Ed Sheeran juga dilaporkan membawa gitar dan memainkan progresi empat akor dari lagu Thinking Out Loud miliknya. Dirinya mendemonstrasikan versi yang selalu dimainkan dalam penampilannya.

Sementara menurut pembelaan dari pengacara Sheeran, kesamaan berakhir pada progresi kunci dasar dan struktur lagu.

Selain itu, lagu-lagu tersebut memiliki kunci yang berbeda, tempo yang berbeda, dan strukturnya juga berbeda.

“Instrumentasinya bervariasi di kedua lagu, dan melodi serta lirik dari kedua lagu tersebut tidak memiliki kemiripan satu sama lain,” kata pengacara Ed Sheeran.

Baca Juga: Sudah Banyak Prajurit TNI dan Rakyat Mereka Bunuh, Meutya Hafid Desak Pemerintah Tegas Tumpas KKB

Sebelumnya, Ed Sheeran juga terganjal kasus yang sama di lagu Shape Of you miliknya pada Juni 2022 yang berhasil dimenangkannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat