bdadinfo.com

Tinjau Pasar Terong di Makassar, Zulkifli Hasan Upayakan Kestabilan Bapok Pasca Lebaran - News

Tinjau Pasar Terong di Makassar, Zulkifli Hasan Upayakan Kestabilan Bapok Usai Lebaran (Dok. Kemendag)

- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan peninjauan kembali terkait harga bahan pokok (bapok) usai Lebaran 2023 di Pasar Terong, Makassar, Sulawesi Selatan.

Mendag Zulkifli Hasan menuturkan, bahwa alasannya kerap melakukan peninjauan harga bahan pokok (bapok) seperti yang dilakukannya dalam peninjauan di Pasar Terong, Makassar adalah untuk melihat kestabilan harga dan ketersediaanya bagi masyarakat di seluruh tanah air.

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan, bahwa kembali kestabilan harga bapok dan tersedianya stok barang kebutuhan pokok sangat penting. Sehingga peninjauan demi peninjauan harus dilakukan terlebih usai melewati periode Lebaran 2023.

Baca Juga: Bundesliga Preview Leverkusen vs Koln, Cek Prediksi Skor, Head to Head Hingga Line Up Pemain

Zulkifli memastikan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan terus mengupayakan stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok terjaga dengan baik.

"Saya bersyukur, sebelum dan setelah Lebaran 2023, ketersediaan bapok lebih dari cukup dan harganya stabil," kata Mendag Zulkifli Hasan, keterangan tertulis dikutip Kamis, 4 Mei 2023.

Sebelum ke Pasar Terong, Zulkifli Hasan menuturkan, jika ia telah mengunjungi Pasar Sentral di Jayapura. Mendag menambahkan, Kemendag akan terus berkoordinasi bersama instansi terkait akan terus memastikan stabilitas harga dan pasokan bapok di berbagai daerah.

Baca Juga: Ultimatum Oknum Prajurit Penghianat Bangsa yang Jual Senjata ke KKB, Panglima TNI: Ancaman Hukuman Mati!

"Kemarin saya di Jayapura, bapok di sana pasokannya banyak, harganya stabil. Hari ini di Pasar Terong Makassar, harga bapok murah," imbuhnya.

Adapun berdasarkan pantauan Mendag, harga beras medium di Pasar Terong tercatat berada di kisaran harga Rp12.000/kg, beras medium Bulog Rp9.450/kg sementara untuk beras premium Rp13.000/kg dan gula pasir dengan harga Rp15.000/kg.

Teruntuk minyak goreng curah, dijual dengan harga Rp14.000/liter, minyak goreng Minyakita Rp14.000/liter, minyak goreng kemasan premium Rp19.000/liter. Kemudian, cabai merah keriting Rp20.000/kg, cabai merah besar Rp15.000/kg, cabai rawit Rp20.000/kg, dan bawang putih Rp30.000/kg.

Sementara untuk daging sapi berkisar Rp120.000/kg, daging ayam ras Rp35.000/kg, telur ayam ras Rp27.000/kg, bawang merah Rp35.000/kg, kedelai Rp13.000/kg, tepung terigu Rp12.000/kg.

Sebelum mengunjungi Pasar Terong di Makassar, Mendag Zulkifli Hasan terlebih dahulu meninjau Pasar Sentral Hamadi di Jayapura, Papua pada Selasa, 2 Mei 2023 lalu.

***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat