bdadinfo.com

Dukung Ibu Bekerja, Godrej Berikan Cuti Melahirkan dan Cuti Adopsi serta Kebijakan Membawa Anak saat Bussiness - News

GCPI berikan cuti melahirkan dan cuti adopsi selama  6 bulan (Godrej Indonesia)



- Godrej Consumer Products Indonesia (GCPI), perusahaan terkemuka yang menyediakan perawatan rumah tangga dengan merek terkenal seperti HIT, Stella, dan Mitu, telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung kesetaraan gender di tempat kerja.

Dalam rangka perayaan Hari Ibu Internasional pada tanggal 14 Mei yang lalu, GCPI, sebagai perusahaan yang selalu memperhatikan kesejahteraan karyawan perempuan yang juga berperan sebagai ibu atau calon ibu, telah menerapkan berbagai kebijakan yang memberikan dukungan nyata.

Salah satu kebijakan yang diterapkan oleh GCPI adalah memberikan cuti melahirkan dan cuti adopsi selama 6 bulan kepada karyawan perempuan.

Baca Juga: Spesifikasi Handphone RAM 12 GB Poco F5 yang Diklaim Jadi Rebrading Redmi Note 12 Turbo

Kebijakan GCPI ini sejalan dengan ketentuan dalam Perppu Cipta Kerja Pasal 82 ayat (1) yang menyebutkan bahwa pekerja perempuan berhak mendapatkan cuti melahirkan selama 3 bulan.

Namun, GCPI memperluas kebijakan ini dengan memberikan tambahan cuti hingga 6 bulan kepada seluruh karyawan perempuan.

Dengan adanya kebijakan ini, para karyawan perempuan memiliki kesempatan lebih lama untuk memberikan ASI eksklusif kepada anak mereka dan juga dapat menghabiskan waktu lebih lama bersama keluarga.

Baca Juga: 8 Jenderal Etnis Tionghoa yang Berjiwa Patriot dan Sukses Berkarir Jadi TNI-Polri

Kebijakan cuti selama 6 bulan juga tidak hanya berlaku untuk karyawan perempuan yang melahirkan, tetapi juga bagi mereka yang mengadopsi anak.

GCPI memahami pentingnya memberikan kesempatan yang sama kepada semua karyawan, tidak hanya kepada karyawan perempuan.

Oleh karena itu, karyawan laki-laki yang baru menjadi ayah juga diberikan cuti selama 20 hari kerja.

Baca Juga: Utusan China Desak Australia Perluas Pencarian 39 Kru Kapal Nelayan yang Tenggelam di Samudera Hindia

Mengutamakan Kesejahteraan Keluarga dalam Perjalanan Bisnis

Selain kebijakan cuti yang memperhatikan peran penting karyawan perempuan sebagai ibu, GCPI juga memberikan perhatian khusus dalam situasi di mana karyawan perempuan yang memiliki anak kecil harus melakukan perjalanan bisnis.

Dalam hal ini, GCPI mengizinkan karyawan perempuan yang memiliki anak di bawah usia 1 tahun untuk membawa anak mereka dan seorang caregiver saat melakukan perjalanan bisnis.

Biaya perjalanan dan akomodasi untuk anak dan caregiver ditanggung oleh perusahaan. Dengan kebijakan ini, GCPI ingin memastikan bahwa karyawan perempuan tetap dapat menjalankan tanggung jawab keluarga mereka tanpa mengorbankan karier mereka.

Baca Juga: Ngeri-ngeri Sedap, Pria yang Bantai Emak-emak Depok Ditahan di Sel Khusus

Apresiasi untuk Kontribusi Para Karyawan Perempuan

Cicin Winedar, Direktur SDM Godrej Consumer Products Indonesia, mengungkapkan apresiasinya terhadap kerja keras dan kontribusi para karyawan perempuan di GCPI yang telah berperan penting dalam mengembangkan produk berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

"Populasi karyawan perempuan di GCPI cukup tinggi, yaitu sebesar 43% dari total karyawan. Kami mengapresiasi kerja keras dan kontribusi seluruh karyawan perempuan GCPI yang telah bertanggung jawab untuk mengembangkan produk berkualitas bagi masyarakat Indonesia," kata Cici Winedar, dalam pernyataannya.

Baca Juga: Prediksi Skor Cadiz vs Real Valladolid Dini Hari, Perjuangan Klub Milik Ronaldo Bertahan di La Liga

Menyelaraskan dengan Komitmen Kesetaraan Gender di Tempat Kerja

Wita Krisanti, Direktur Eksekutif IBCWE (Indonesia Business Coalition for Women Empowerment), juga memberikan penghargaan terhadap langkah-langkah yang diambil oleh perusahaan seperti Godrej dalam menerapkan kebijakan yang melampaui standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Langkah-langkah ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih ramah keluarga.

"Kebijakan ini sejalan dengan komitmen IBCWE dalam mempromosikan partisipasi aktif perempuan dalam sektor ekonomi melalui dukungan terhadap bisnis untuk mengoptimalkan peran mereka dalam memajukan kesetaraan gender di tempat kerja," ujar Wita Krisanti.

Baca Juga: Atlet Badminton Tak Ikut Pawai Sea Games, Netizen Malah Bilang: Tiap Minggu Mereka Ukir Prestasi!

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Adil dan Sejahtera

Melalui kebijakan dan kegiatan yang mendukung kesetaraan gender ini, GCPI berharap dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih adil bagi setiap gender dan meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Godrej Consumer Products Indonesia menjadikan kesejahteraan karyawan dan kesetaraan gender sebagai prioritas utama.

Dengan melampaui standar yang telah ditetapkan, GCPI memberikan teladan bagi perusahaan lain untuk mengadopsi kebijakan yang ramah keluarga dan progresif.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat